Gayahidup Pilihan

Tips Hemat Belanja "Online" untuk Kado Natal

7 Desember 2017   11:25 Diperbarui: 7 Desember 2017   15:11 1302 0 0
Tips Hemat Belanja "Online" untuk Kado Natal
Sumber Foto: Shutterstock

Membeli kado Natal yang menarik tidak harus mahal.

Perayaan Natal tinggal sebentar lagi. Atmosfer Hari Raya Natal sudah mulai terasa di sejumlah pusat perbelanjaan dengan pernak-perniknya mulai dari pohon natal, gua natal hingga Santa Klaus. Di sisi lain, umat Kristiani pun mulai berbenah diri untuk menyiapkan perayaan Natalnya biar tidak garing. Kemerihan ingin dihadirkan banyak orang dalam sukacita saat Natal.

Salah satu sukacita yang telah mentradisi di saat Hari Raya Natal adalah berbagi hadiah atau tukar kado dengan orang yang dicintai. Tak mengherankan, tradisi ini pun menjadi peluang yang menggiurkan bagi sejumlah pengusaha untuk menawarkan produk-produk istimewanya di saat Hari Raya Natal. Lihat saja, berapa tawaran kado-kado Natal yang tersedia di toko online saat ini.

Beragam pilihan kado Natal menjelang hari perayaan Natal mulai dipajang di etalase toko online. Banyaknya piliha justru kerap membuat bingung dalam menentukan pilihan. Nah, kalau masih bingung untuk menentukan pilihan kado Natalmu, tak ada salahnya menyimak tips hemat berikut ini:

1. Buat List Penerima Hadiah

Membuat list pribadi-pribadi yang akan diberi hadiah atau kado Natal adalah langkah awal yang tepat sebelum mulai berburu kado secara online. Prioritaskan memberi hadiah pada mereka yang benar-benar sangat dicintai atau orang dekat di lingkup keluarga. Mereka-mereka ini kadang justru terlupakan karena terlalu sibuk memikirkan kado untuk orang lain, entah sahabat atau teman, tetapi justru mengabaikan orang-orang dekat seperti orang tua, adik-kakak hingga kakek-nenek.

2. Cermati Hobi dan Kesukaan

Setelah memiliki daftar orang-orang yang akan diberi kado Natal, selajutnya menentukan kado yang cocok untuk mereka. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Tips sederhanya: sesuaikan dengan kesukaan, hobi atau kepribadian penerima kado.

3. Pilih Kado yang Tepat

Ada beragam kado Natal yang tersedia di toko online. Pembagian berikut ini akan memudahkan kamu mendapatkan pilihan kado yang cocok dan tepat. Untuk orang tua: Orang Tua (Buku atau novel, bingkai foto atau lukisan, parfum atau tiket liburan), istri (perhiasan, sepatu, tas atau jam tangan), suami (barang koleksi atau baju baru) anak atau ponakan (buku cerita, buku mewarnai, puzzle, lego, boneka santa claus atau DVD edukasi) dan teman kerja (kue Natal, parcel dan mug cantik)

4. Realistis dengan Anggaran

Membeli kado Natal yang menarik tidak harus mahal. Oleh sebab itu, realistislah dengan kondisi keuangan pribadi. Perlu diingat, pengeluaran setelah Natal juga masih perlu disiapkan, terutama saat libur tahun baru.

5. Berburu di Toko Online

Langkah selanjutnya yaitu mencari barang-barang yang dibutuhkan untuk kado Natal tersebut di toko-toko online. Sudah menjadi gaya hidup, kebutuhan hidup dipenuhi took-toko online. So, kunjungilah toko-toko online seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Elevania, MatahariMall, Shopee, Bukalapak, Zalora, Qoo10 dan lain sebagainya. Temukan barang yang diinginkan dan jangan lupa bandingkan harga barang-barang yang sama atau serupa untuk mendapatkan barang dengan harga yang terbaik.

6. Manfaatkan Aplikasi Transfer Gratis

Belanja online yang menyenangkan salah satunya bebas biaya transfer untuk semua pembayaran barang belanjaan. Seperti diketahui, transfer uang beda bank saat ini masih berbayar. Minimal setiap kali transfer uang antar beda bank kena chargeRp.6.500. Untungnya, kini sudah ada cara terbaik untuk pembayaran belanja online yaitu melalui fitur transfer di IPOTPAY. 

Transfer uang berapa pun dan berapa kali pun dalam sehari ke nomor rekening bank Lazada, Blibli, Tokopedia, Elevania, MatahariMall, Shopee, Bukalapak, Zalora, Qoo10 dan toko-toko online lainnya gratis alias tidak ada biaya administrasinya. 

Tak hanya gratis, ternyata uang yang tersimpan di platformini dan belum digunakan untuk belanja online justru mendapatkan imbal hasil 7-10% per tahun. Imbal hasil ini jelas lebih tinggi bila dibanding bunga yang diberikan tabungan dan deposito. Dus, aplikasi ini benar-benar menguntungkan untuk belanja online kebutuhan Natalmu.