Mohon tunggu...
Setiyowati Ryski Anggraeni
Setiyowati Ryski Anggraeni Mohon Tunggu... Saya seorang Mahasiswa

Penulis baru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNS Lakukan Kunjungan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM Kerupuk Karak dan Tahu di Desa Jati

28 Februari 2021   01:12 Diperbarui: 3 Maret 2021   20:47 179 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNS Lakukan Kunjungan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM Kerupuk Karak dan Tahu di Desa Jati
Mahasiswa UNS melakukan penyerahan dan pemasangan MMT pada UMKM "Karak Gold" pada Senin (18/02/21)

Kamis (4/2/2021) segenap mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Kelompok 135 dibawah bimbingan dosen Rini Triastuti, SH., M.Hum melakukan kunjungan sosialisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud pegabdian mahasiswa terhadap masyarakat melalui program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berada dibawah afiliasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Saat melakukan kunjungan ke beberapa pelaku usaha UMKM di Desa Jati, Mahasiswa UNS didampingi dan diberikan arahan langsung oleh Riman, selaku Kepala Dusun Jati. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan UMKM yang ada meliputi apa saja potensi yang dapat dikembangkan dari UMKM terkait untuk membantu meningkatkan kapasitas usaha melalui pengembangan produk dan pemasaran produk. Tujuan dari program kerja kunjungan pemberdayaan ini adalah untuk membantu memperkenalkan UMKM milik masyarakat Desa Jati agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kegiatan ini menyasar kepada dua pelaku UMKM di Desa Jati yaitu usaha Karak Gold milik Bapak Paryanto yang beralamatkan di Dukuh Jati, Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar dan usaha Berkah Tahu milik Bapak Sidik Suwarno yang beralamatkan di Dukuh Senden RT.03/RW.07, Desa Jati. Masing-masing usaha tersebut telah lama beroperasi dan menjadi produk pangan andalan bagi masyarakat Desa Jati dan sekitarnya.

Mahasiswa UNS melakukan penyerahan dan pemasangan MMT pada UMKM
Mahasiswa UNS melakukan penyerahan dan pemasangan MMT pada UMKM "Berkah Tahu" pada Senin (18/02/21)

Produk yang ditawarkan oleh UMKM Karak Gold adalah berupa kerupuk karak siap konsumsi yang terbuat dari beras asli tanpa bahan pewarna dan pengawet. Produk ini dapat dijual kepada masyarakat umum dan juga telah memiliki banyak reseller dan agen. Sedangkan, produk yang diproduksi oleh berkah tahu diantaranya adalah tahu putih, tahu kepel, tahu goreng, tahu goreng basah dan tahu pong. Tahu-tahu tersebut biasanya disalurkan langsung pada pedagang pasar maupun dijual eceran pada masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UNS membantu pemberdayaan UMKM Desa Jati dengan membuatkan MMT sebagai identitas pengenal bagi usaha UMKM terkait. Selain itu, mahasiswa KKN UNS juga membuat video profil sebagai media promosi produk yang dapat menjangkau masyarakat luas untuk mengenal adanya UMKM tersebut di Desa Jati.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu, pengalaman dan manfaat dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada di Desa Jati, khususnya pada UMKM terkait, serta sebagai pembangkit semangat usaha di tengah pandemi Covid-19.

Reporter : Dias Esaliana

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x