Mohon tunggu...
setiawati suyatman
setiawati suyatman Mohon Tunggu... Manusia biasa

Menulis untuk menceritakan hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Film

Hanya untuk di Atas 19 Tahun

27 Juni 2020   22:52 Diperbarui: 27 Juni 2020   23:02 46 4 0 Mohon Tunggu...

Korea Selatan adalah salah satu negara yang dikenal sebagai penghasil drama drama yang baik di Asia. Drama tersebut ditayang di kanal kanal  TV publik dan TV kabel seperti MBC, KBS, SBS, OCN, TVN, JTBC dan sebagainya. Dalam memproduksi drama tersebut, banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti selera pasar, besaran budget, jam tayang, pemilihan aktor dan aktris serta pemain pendukung, lokasi shooting, sasaran usia yang dituju, genre dan banyak lagi. 

Penikmat drama dimana saja dapat menyaksikan atau menonton tayangan drama sesuai dengan usia mereka, maka dari itu tema, jalan cerita, adegan harus sesuai dengan usia penonton, dimana mereka dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti untuk usia diatas 12 tahun, 15 tahun dan 19 tahun. 

Genre komedi, fantasi, sejarah, misteri, hukum, medis, thriller, horor dan romance,  rata rata diminati oleh remaja hingga dewasa baik di Korea maupun di Indonesia.

Drama korea dengan batasan usia diatas 15 tahun sering Kita temukan dalam drama yang tayang diberbagai kanal TV, sedangkan untuk diatas 12 dan 19 tahun sangat jarang untuk diproduksi oleh stasiun TV.

Baby Sitter (2016, KBS2), Misty (2018, JTBC), Mistress (2018, OCN), dan drama yan baru saja berakhir dengan mencetak rekor rating tertinggi selama penayangannya dan juga mengalahkan  pemegang rating tertinggi sebelumnya seperti Sky Castle, Crash Landing on You, Mr. Sunshine dan Goblin, yaitu The World of the Married (2020, JTBC). Empat drama tersebut termasuk dalam kategori dengan batas usia diatas 19 tahun.

Kenapa drama tersebut dikategorikan untuk diatas 19 tahun? Karena diusia itu, mereka (anak remaja) dianggap atau diasumsikan  sudah mulai berajak dewasa,  mulai mempunyai cara pandang yang lebih luas terhadap sesuatu hal dan berinteraksi se bergaul dengan banyak orang dari berbagai strata sosial sehingga dapat memahami kehidupan nyata.

Tidak disetiap episode drama tersebut menayangkan adegan vulgar (tidak sevulgar adegan serial atau film Barat), bahkan hanya beberapa detik diawal awal episode, tetapi bila dilihat dengan jelas, unsur misteri, thriller, hukum, dan ketegangan lebih mendominasi disetiap episode daripada romance.

Jadi mari Kita biasakan menonton drama secara keseluruhan dan jernih melihat serta menilai makna tersurat maupun tersirat yang terkandung dalam sebuah drama bukan dari kategori usia ( diatas 19 tahun).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x