Mohon tunggu...
setiawati suyatman
setiawati suyatman Mohon Tunggu... Manusia biasa

Menulis untuk menceritakan hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Trik Upload Gambar untuk "Fakir Kuota"

26 Juni 2020   13:59 Diperbarui: 26 Juni 2020   14:31 75 3 0 Mohon Tunggu...

Saat ini kemajuan perkembangan smartphone tidak sebanding dengan dana kuota untuk pengguna smartphone. Ada kuota besar dengan harga murah, tapi hanya bisa dipakai untuk jam jam tertentu atau jangka waktu pemakaian cuma beberapa hari. Ada kuota besar, pasti harganya mahal buat kantong, walaupun jangka waktu pemakaian sebulan atau lebih.

Bagi kompasianer  yang baru mulai terjun ke dalam dunia tulis menulis pasti akan mengalami kesulitan mengupload gambar atau foto, dimana foto tersebut, dipakai untuk mendukung artikel yang Anda tulis agar menarik minat baca seseorang. Kendala yang harus dihadapi adalah ukuran gambar yang akan diuplod bersamaan dengan artikel tidak lebih dari 2 Mb.

Biasanya foto yang Kita potret dengan kamera menghasilkan ukuran lebih besar dari 2 Mb. Untuk seseorang yang memiliki smartphone yang mempunyai aplikasi bawaan seperti Apps Cloner atau aplikasi penggadaan , dapat digunakan untuk kompres atau memadatkan ukuran foto dengan syarat Anda mempunyai smartphone yang mendukung dual SIM cards stand by atau active, sedangkan yang single SIM card dan hybrid tidak bisa menggunakan cara ini.

Simpan masing masing no SIM card kedalam kontak dengan nama berbeda agar tidak terjadi kebingungan sumber foto tersebut mulai dikirim. Pilih menu setting atau pengaturan, klik Apps Cloner kemudian pilih aplikasi yang akan di gandakan atau dicloning seperti WhatsApp, Instagram, Skype, Telegram, Facebook dan beberapa aplikasi lainnya.  

Setelah memilih aplikasi, ganti dengan nama yang Anda sukai tapi tidak boleh sama dengan nama aplikasi induk, masukan no SIM card sesuai dengan  yang Anda miliki. Bila sudah dapat verifikasi dari vendor maka aplikasi tersebut sudah dapat digunakan.

Kirim foto dari aplikasi induk ke aplikasi gadaan atau cloning, hasilnya Anda dapat lihat bahwa foto tersebut sudah mengalami kompres atau pemadatan dibawah 2 Mb sehingga dapat diuplod ke blog Kompasiana.

Apabila Anda tidak mempunyai smartphone yang tidak mendukung dual SIM cards atau memiliki Apps Cloner, , foto hasil jepretan kamera diedit atau disesuaikan  terlebih dahulu, kemudian lakukan screen shot atau langsung di screen shot baru di edit. Kemudian hasil screen shot  sudah dapat diuplod ke blog Kompasiana karena ukurannya dibawah 2 Mb. Selamat mencoba....

VIDEO PILIHAN