Mohon tunggu...
Setiyo Bardono
Setiyo Bardono Mohon Tunggu... Staf Kurang Ahli

SETIYO BARDONO, penulis kelahiran Purworejo bermukim di Depok, Jawa Barat. Staf kurang ahli di Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK). Antologi puisi tunggalnya berjudul Mengering Basah (Aruskata Pers, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (Pasar Malam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Morita, Mobil Bak Terbuka Rakitan Cah Purworejo

29 Januari 2020   10:44 Diperbarui: 30 Januari 2020   08:42 1122 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Morita, Mobil Bak Terbuka Rakitan Cah Purworejo
Surito siap mengantar kusen pesanan dengan Morita (foto Surito)

Foto mobil bak terbuka (pick up) berwarna kuning mampir di grup WhatApps keluarga saya. Bentuknya agak berbeda dengan mobil yang beredar di jalanan.

Ini Morita, mobilnya Mas Rito, buatan sendiri pakai mesin sepeda motor, begitu keterangan yang menyertai foto.

Wah, ternyata itu mobil pick up rakitan Surito, teman sepermainan semasa tinggal di Desa Dlangu, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Sejak dulu Rito memang Rito kreatif dan suka membuat sendiri mainan atau barang-barang lain menggunakan kayu. Bakatnya makin terlihat saat masuk STM Negeri Purworejo.

Sebagai tukang kayu, Surito (47 tahun) membutuhkan alat transportasi untuk mengangkut kayu atau kusen. Saya tahu sifat Rito yang tak gampang menyerah dengan keadaan: kalau nggak bisa beli mobil ya buat sendiri. Saya yakin kalau Rito membutuhkan helikopter, pasti akan merakit sendiri helikopter itu.

Sudah lama saya tidak bertemu dengan Rito. Sekarang ia tinggal di Desa Bugel, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Selain menekuni profesi sebagai tukang kayu, nampaknya Rito sekarang sudah merambah menjadi tukang las.

"Tani juga, apa aja oke lah," kata Rito lewat percakapan di Whatapps.

Morita tampak dari depan (foto Dimas)
Morita tampak dari depan (foto Dimas)

Rito mengaku menggunakan mesin motor Kymco saat membuat mobil bak terbuka. Sementara, empat rodanya dari bekas motor Vespa. Bodinya dari kayu? tanya saya. "Dari besi lah," jawabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN