Mohon tunggu...
Setiadi Sudrajat
Setiadi Sudrajat Mohon Tunggu... Programmer - Programer

Saya adalah seorang programer yang sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

ERP Indonesia, ERP Lokal Pun Bisa

1 Februari 2023   06:13 Diperbarui: 1 Februari 2023   06:17 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Menggunakan ERP Lokal (ERP Indonesia) sebagai Solusi Tepat bagi Perusahaan

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang membantu perusahaan mengelola dan mengintegrasikan seluruh aspek bisnis, seperti keuangan, pembelian, produksi, pemasaran, dan sumber daya manusia. Dalam era digital saat ini, menggunakan sistem ERP merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan untuk menjaga efisiensi dan produktivitas bisnis. Ada banyak pilihan sistem ERP di pasaran, tetapi menggunakan ERP lokal bisa menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan.

Biaya yang Lebih Terjangkau

Menggunakan ERP lokal akan lebih terjangkau dibandingkan dengan ERP global. ERP global biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi karena harus mempertimbangkan biaya pengembangan, dukungan teknis, dan lisensi. Selain itu, perusahaan juga harus memperhitungkan biaya untuk mengintegrasikan sistem dengan infrastruktur teknologi informasi yang ada.

Dukungan Teknis yang Lebih Baik

Menggunakan ERP lokal akan mempermudah perusahaan dalam hal dukungan teknis. Perusahaan akan lebih mudah mengakses dukungan teknis dan memecahkan masalah yang mungkin timbul selama penggunaan sistem.

Customisasi yang Lebih Mudah

ERP lokal biasanya dapat dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan dapat menyesuaikan sistem untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan operasional yang unik. Customisasi yang lebih mudah juga membantu perusahaan mengoptimalkan pengelolaan bisnis dan meningkatkan efisiensi.

Integrasi dengan Sistem yang Ada

ERP lokal biasanya dapat lebih mudah diintegrasikan dengan sistem yang ada di perusahaan. Ini mempermudah perusahaan untuk mengakses dan mengelola data bisnis dengan efisien dan memastikan bahwa data yang dikumpulkan oleh sistem berjalan dengan baik.

Fokus pada Bisnis Lokal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun