Mohon tunggu...
Sesilia Fanisa
Sesilia Fanisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - " Hidup Harus Bahagia "

" Jangan Lupa Menambah Pengetahuan Baru "

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program "Duarfo" Mahasiswa KKN Undip Bantu Perangkat Kelurahan dalam Pengolahan Arsip Foto

9 Agustus 2022   15:00 Diperbarui: 3 September 2022   07:48 48 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Publikasi Duplikasi Arsip Foto Kedalam Website Kelurahan Meteseh Sumber : Dokumentasi Pribadi

Semarang (05/08) --- Pada era globalisasi saat ini dengan adanya kemajuan IPTEK membuat banyaknya perubahan saat kita menyimpan suatu dokumen atau bisa disebut dengan arsip. Perubahan ini bisa diikuti dengan melakukan program yang dinamakan Duplikasi Digitalisasi Arsip.

Munculnya digitalisasi arsip ini menjadikan sebuah solusi bagiperangkat kelurahan dan masyarakat sesuai dengan SDG's poin 15 yaitu ' Life On Land" yang dimaksudkan untuk melindungi, memulihkan, dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan), dan menghambat dan membalikan degrasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

Program Digitalisasi Arsip ini berupaya untuk melindungi arsip foto lebih aman dan terjaga, hemat biaya, hemat tenaga, meningkatkan waktu respons dan pelayanan, eco-friendly, serta efektif dan efisisen.

Digitalisasi Arsip Foto kedalam website Kelurahan dimulai dengan lingkup kelurahan Meteseh hingga masyarakat hal tersebut bermanfaat bagi perangkat kelurahan dan masyrakat guna mengabadikan momen-momen kelurahan meteseh dalam pelaksanaan tugas serta masyarakat dapat melihat kinerja yang dilaksanakann oleh kelurahan.

Oleh karena itu, Saya Sesilia Fanisa Berliansa P selaku Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro membuat program Pengolahan Arsip Foto "DUARFO" atau Duplikasi Arsip Foto sebagai Upaya Perlindungan dan Pengamanan Arsip Foto dan nilai sejarah yang terkadung di dalam foto tersbut tetap terjaga dan tersimpan dengan baik pada hari Kamis ( 03/08). Program ini dilakukan di Kelurahan Meteseh. Semarang.

Program ini dilakukan dengan cara mengambil data di perangkat Kelurahan Meteseh yang bertanggung jawab dibidang IT setelah mendapatkan data, foto di edit/dirapikan dengan sebaik mungkin menggunakan  aplikasi, alat yang dgunakan yaitu laptop dan hp lalu melakukan upload foto pada medias diberi label serta keterangan publikasi kemudian save and exit, kemudian kembali ke menu pages dan show selanjutnya klik lembar baru/new pada menu dan mengisi beberapa menu yang ada lalu upload foto dan url foto tersebut kemudian klik publish dan menunggu proses up date foto pada website.

Penulis : SesiliaFanisa Berliansa Pungki (D4 Informasi dan Humas Konsentrasi Kearsipan, Fakultas Sekolah Vokasi)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dina Lestari Purbawati, SE., M.Si., Akt.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan