Mohon tunggu...
Sesilia Febrinia
Sesilia Febrinia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya memiliki hobi di bidang kuliner dan game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 2

4 Oktober 2022   17:31 Diperbarui: 4 Oktober 2022   17:41 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat sebelum Geladi Hominisasi dimulai saya diberikan tugas yaitu menyimak lagu Indonesia raya 3 stanza dan memberikan pendapat. Tugas ini nantinya bertujuan untuk mendapatkan akses link zoom meeting. Kemudian pada saat acara berlangsung, para peserta diajarkan untuk berpikir kritis serta ikut berdinamika kelompok dengan orang-orang baru yang bahkan belum saling mengenal satu sama lain sebelumnya, hal tersebut pastinya menjadi suatu tantangan bagi saya untuk membentuk chemistry yang nantinya akan berpresentasi dengan anggota kelompok yang belum saya kenal sama sekali nantinya.

Refleksi pengalaman yang saya dapatkan dari acara Geladi Hominisasi ini yaitu saya mendapatkan hal baru dan menarik tentang bagai mana kita diajarkan untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab. Saya juga jadi mengetahui bagaimana caranya berpresentasi yang baik dan benar. Ternyata selama ini saya masih memakai format presentasi yang salah setelah ikut acara geladi hominisasi ini saya jadi tahu bahwa presentasi itu tidak usah menceritakan hal yang tidak diperlukan karena tidak semua data diminta jadi hanya menjelaskan intinya saja  dan memenuhi permintaan yang diminta. di dalam presentasi juga diajarkan cara memanajemen waktu yang baik dan yang  terakhir presentasi harus mempunyai punch linenya.

 Setelah mengikuti acara Geladi Hominisasi ini menurut  saya mengapa perlu kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara? Ternyata berpikir menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara itu penting sekali. Dengan kemampuan itu kita jadi bisa membedakan mana yang baik dan buruk bagi negara dan sekitar kita.  Pada saat ini banyak sekali berita berita hoax yang dapat menggiring opini negatif kepada bangsa dan negara kita yang dapat menyebabka disintegrasi bangsa. Maka dari itu kita memerlukan kemampuan berpikir logis agar tidak termakan berita-berita hoax yang beredar dan sebaiknya kita harus mempersatukan serta mempererat persatuan negara. Kemampuan Bahasa sebagai warga negara juga diperlukan untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Bahasa yang perlu kita semua pahami yaitu Bahasa Indonesia karena kita tinggal di Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia kita bisa memahami dan berkomunikasi dengan baik  ke semua orang dari suku yang berbeda-beda. Tidak hanya Bahasa Indonesia saja tetapi kita juga perlu menguasai Bahasa daerah masing-masing agar Bahasa daerah kita terjaga.

Manfaat yang didapatkan setelah mengikuti  acara Geladi Hominisasi ini adalah saya jadi menambah wawasan baru mengenai berpikir kritis, bertanggung jawab, menggunakan Bahasa yang baik dan berpresentasi yang baik kedepannya. Geladi Hominisasi ini juga mengajarkan saya untuk menyampaikan pendapat dan berdiskusi tanpa rasa takut dan pentingnya menghargai lawan bicara saat mereka berbicara dan berpendapat.

Kemampuan yang saya  pelajari dari acara geladi hominisasi ini yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah berpresentasi yang baik dimana Ketika berpresentasi harus menggunakan 5W+1H  dan menganalisis SWOT serta harus menggunakan Bahasa yang sopan dan formal dan juga di dalam presentasi  harus menampilkan data yang diminta saja (inti dari permasalahan)  dan memenuhi keinginannya. Pada saat presentasi juga perlu memasang mimic wajah yang sesuai dan intonasi bicara yang tepat. Yang saya akan terapkan dalam perjalanan kuliah juga yaitu dalam hal memanajemen waktu sebaik-baiknya. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir yaitu dengan cara mulai membiasakan diri dengan berpikir kritis, objektif pada sekitar dan berpikir secara matang tidak bersumbu pendek. Kemudian harus melihat segala sesuatu kejadian dari dua sisinya tidak langsung asal menyimpulkannya.  Hal itu berguna untuk meningkatkan kemapuan berpikir kedepannya. Sedangkan, cara saya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa yaitu dengan cara berbahasa yang baik dan sopan ke orang-orang yang berada di sekitar saya. Mengurangi kata-kata umpatan yang kurang enak didengar oleh orang sekitar. Serta terus berlatih berbicara di depan umum.

#unpar  #geladihominisasi  #universitaskatolikparahyangan  #ppilph  #lifeatunpar 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun