Mohon tunggu...
Sesilia Asa
Sesilia Asa Mohon Tunggu... what is this?

“I'm selfish, impatient and a little insecure. I make mistakes, I am out of control and at times hard to handle. But if you can't handle me at my worst, then you sure as hell don't deserve me at my best.” ― Marilyn Monroe

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Alasan Kenapa Nytimes.com Bisa Dikatakan Website Berita Paling Lengkap!

3 September 2018   00:12 Diperbarui: 3 September 2018   00:17 0 0 0 Mohon Tunggu...
Alasan Kenapa Nytimes.com Bisa Dikatakan Website Berita Paling Lengkap!
Olah pribadi

Digital

Interaktivitas

Hypertextual

Jaringan

Virtual

Simulated

Dari tabel diatas bisa disimpulkan bahwa nytimes.com sudah mampu mengikuti karakteristik media baru yang ada di era yang makin canggih saat ini. dan bisa dikatakan sebagai website berita yang paling lengkap, apa bukti nyatanya? Kita bedah satu persatu dari tabel untuk mengetahui faktanya. Check this out!

  • Dari digital bisa dilihat bahwa nytimes memiliki alamat website sendiri dan didalamnya terlihat seperti bentuk koran namun ala digital, kita tinggal memilih beritanya, lalu akan terbuka laman yang berisi berita yang kita pilih.

  • Dari interaktivitas, penggunanya bisa bebas memilih apa saja berita yang akan dibaca, tema berita apa saja yang akan dilihat (olah raga, travelling, bisnis, seni, dll) didalam tema tersebut masih ada sub-tema yang bisa dipilih pembaca agar laman utama adalah tema yang diinginkan oleh pembaca.

  • Selain dapat memilih bacaan berita yang diambil, pengunjung juga bisa meninggalkan komentar didalamnya, tetapi pihak nytimes akan menyaring setiap komentar para pengunjungnya (berlaku sejak 27 September 2017).
  • Sebelumnya pihak nytimes mengaktifkan komentar untuk mendekatkan diri dengan pengunjungnya, namun beberapa pengunjung meninggalkan komentar rasis, sehingga sejak saat itu, komentar yang dituliskan oleh pengunjungnya akan disaring terlebih dahulu oleh pihak nytimes untuk mengetahui pantas tidaknya komentar tersebut jika di publish.
  • Hypertextual di nytimes sendiri sudah digunakan, salah satunya pada berita (www.nytimes.com) dimana hypertext digunakan oleh website ini untuk mempermudah seseorang membuka link atau informasi pada tempat atau laman yang berbeda

Olah pribadi
Olah pribadi
  • Networked/Jaringan, nytimes sudah menerapkan sistem jaringan, dimana dari website resmi mereka (nytimes.com) menggunakan internet sebagai medianya, dan dari website tersebut, pengunjung bisa menghubungkan link facebook, twitter, google, email untuk ditautkan pada nytimes.
  • Virtual, pihak nytimes juga menyediakan fitur video news sebagai penunjang beritanya (www.nytimes.com/video)  
  • Simulated, well..di kriteria terakhir ini  website berita NY times menggunakan sistem virtual yang bisa membawa pengunjungnya seakan-akan merasakan bahwa sedang berada di dalamnya, walaupun beritanya tidak banyak. nytimes.com/slideshow

WHY YOU MUST BE READ NEWS IN HERE?

            Kelengkapan di dalam nytimes.com membuat mereka sudah bisa dikatakan mengikuti perkembangan media dan teknologi yang ada, terlihat dari kelengkapan karakteristiknya, data yang ditunjukkan (Juli 2018)  menunjukkan bahwa website berita yang masih diminati banyak orang. Selain itu kita bisa menggunakan bahasa indonesia, bukankah itu mempermudah? Sudah lengkap, bahasa sesuai dengan kita juga, paket lengkap bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2