Mohon tunggu...
Sesar Novia Fatimah
Sesar Novia Fatimah Mohon Tunggu... Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Covid-19 : Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 Berbasis Media Cetak dan Digital di Boyolali

19 Juli 2020   22:37 Diperbarui: 19 Juli 2020   23:28 26 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Covid-19 : Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 Berbasis Media Cetak dan Digital di Boyolali
picsart-07-19-11-03-09-5f14749e097f3637e72136b2.jpg

Setiap perguruan tinggi di Indonesia harus mencapai tujuan yang tertera dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semua elemen yang ada di perguruan tinggi bertanggung jawab atas tercapainya tujuan tersebut. Salah satu inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan oleh seluruh elemen di perguruan tinggi, misalnya mahasiswa. Mahasiswa dapat melaksanakan  pengabdian masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh kampus.

Meskipun kita sedang berada dalam kondisi darurat yakni di tengah pademi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata (KKN) masih dapat dilaksanakan dalam bentuk KKN Relawan Covid-19 seperti yang dilakukan Universitas Sebelas Maret (UNS). KKN Relawan Covid-19 Universitas Sebelas Maret dilaksanakan oleh setiap mahasiswa pada periode tahun ini di domisili masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Sesar Novia Fatimah mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Desa Srimulyo RT 03/RW 01, Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di KKN periode Mei-Juni 2020 ini Sesar mengikuti kegiatan KKN Relawan Covid-19 dengan tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19" dan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan Dr. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si.

Dalam tema tersebut Sesar Novia memiliki empat program kegiatan yakni, pembuatan serta penempelan poster dan MMT mengenai corona dan PHBS, publikasi poster tentang covid-19 yang bersumber dari instagram kknrelawancovid-19uns melalui akun instagram pribadi dan sosial media yang dimiliki Sesar Novia, sosialisasi mengenai fakta-fakta dan pengetahuan tentang covid-19 kepada ibu-ibu di Desa Srimulyo RT03/RW01 secara DARING melalui WhastappGrup PKK SIMBA 03/01, serta pembuatan fasilitas tempat cuci tangan dan pemberian sabun cuci tangan, agar warga dapat menggunakan dan menerapkan budaya cuci tangan di lingkunganm Desa Srimulyo RT 03/RW 01. Semua elemen masyarakat juga memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan KKN Relawan Covid-19 di Desa Srimulyo RT 03/RW 01.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami informasi dan pengetahuan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sehingga dapat menjalani new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Desa Srimulyo RT 03/RW 01 dapat menjadi pelopor dalam menyebarkan informasi yang faktual di setiap elemen masyarakat dan dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x