Mohon tunggu...
Serafina Loveita
Serafina Loveita Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Hi!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sebagai Remaja, Berproseslah dengan "Aman"!

6 Maret 2021   12:05 Diperbarui: 6 Maret 2021   12:08 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aman? Tentu saja, rasa aman menjadi salah satu tujuan manusia yang selalu ingin diraih agar hidup berjalan dengan damai. Tidak peduli berapapun umurnya saat ini, semua orang ingin merasa aman. 

Namun, saya sebagai seorang remaja di kesempatan saya mempelajari banyak hal kali ini, saya senang sekali dapat bekerja sama, belajar, dan berproses dengan AMAN. Apa itu AMAN? 

AMAN adalah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, yang merupakan organisasi kemasyarakatan independen yang anggotanya terdiri dari komunitas-komunitas masyarakat adat dari berbagai pelosok Nusantara. Sebelum membahas komunitas AMAN lebih luas lagi, situs AMAN dapat diakses melalui www.aman.or.id/ 

Visi yang dimiliki oleh komunitas AMAN pun menarik perhatian saya dan kelompok, bahwa AMAN memiliki visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat yang ada di Indonesia. Keberlanjutan hidup dan kehidupan sosial budaya masyarakat adat adalah hal yang harus dipelihara oleh masyarakat luas, dan AMAN memberi wadah bagi mereka untuk bergerak dan berproses di dalamnya. Pada kesempatan saya dan kelompok pada mata kuliah Analisis Sosial di kampus, senang sekali bisa saling bertukar ilmu dan mengetahui banyak adat-adat baru yang sebelumnya tidak saya ketahui, meskipun sama-sama di Indonesia. 

Tingginya ketertarikan saya dengan AMAN disebabkan karena tidak adanya edukasi yang saya terima sebelumnya tentang masyarakat adat, sebelum saya menemukan komunitas ini. AMAN memiliki segmen yang luas dimana sebagai masyarakat adat yang bersatu dalam satu komunitas, selain acara yang terkait dengan komunitas AMAN, AMAN juga peduli terhadap fenomena sosial dan bencana alam yang sedang terjadi di Indonesia. Misalnya, AMAN membuka charity sebagai wadah bagi orang-orang untuk berbagi dan sebagai aktivasi bagi kegiatan komunitas. Selama proses 2 minggu ini berkomunikasi dengan AMAN, kelompok disambut dengan welcome, teman-teman dari anggota AMAN sangat baik dan terbuka kepada kami, orang-orang baru yang ingin belajar bersama mereka. Pada awalnya, kami melakukan perkenalan dan permohonan pengajuan kerja sama melalui surel yang kami kirimkan ke kontak surel AMAN. Kemudian, surel yang kami kirimkan dibalas, dan kami dipersilahkan dengan baik untuk segera merencanakan online meeting agar dapat melakukan tanya jawab dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, pihak AMAN juga menyarankan kami untuk menonton webinar yang diadakan oleh AMAN, karena webinar tersebut bersifat terbuka, dan kami diminta untuk menonton webinar agar kami dapat memiliki gambaran secara garis besar mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas AMAN. 

Sebagai manusia yang hidup di negara dengan berbagai perbedaan suku, adat, agama, bahasa yang berbeda-beda, tentu saja kesempatan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan komunitas seperti komunitas AMAN melalui mata kuliah Analisis Sosial membuka lebar peluang kami untuk mempelajari lebih dalam mengenai komunitas, terlebih dengan AMAN, saya merasa senang dapat banyak mengetahui adat-adat yang jauh dari pengetahuan yang saya miliki. Melalui sesi sharing bersama komunitas AMAN juga, saya dengan senang hati dan dengan segala rasa ingin tahu saya ingin mengerti dan memahami segala perkembangan maupun hambatan yang dialami oleh berbagai masyarakat adat di Indonesia. Pada akhirnya, adat merupakan sesuatu yang tidak terlihat, namun kemanapun saya pergi dan melaju, adat adalah suatu 'hal' yang saya bawa. Pilihan saya dan kelompok terhadap komunitas ini saya yakini tidak berhenti begitu saja di perkuliahan saya pada semester ini. Saya meyakini, dengan belajar bersama komunitas masyarakat adat seperti AMAN, pasti memberikan saya pandangan yang lebih terbuka terhadap aspek yang lebih dalam pada negara tempat saya tumbuh dan tinggal.

Daftar Pustaka 

aman.or.id/. ALIANSI MASYARAKAT ADAT NUSANTARA. Diakses pada 6 Maret 2021, dari https://www.aman.or.id/profil-aliansi-masyarakat-adat-nusantara/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun