Mohon tunggu...
septin eksamayora
septin eksamayora Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahsiswa Teknologi Hasil Pertanian UNIVERSITAS LAMPUNG

nama : septin eksamayora ttl : kenali, 17 agustus 2000 alamat rumah : jl. baru no 321 Kenali,Kec. Belalau no hp : 085758120869

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Daun Kemangi sebagai Penghilang Bau Badan

27 Juli 2021   09:10 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:25 63 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daun Kemangi sebagai Penghilang Bau Badan
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Daun Kemangi Sebagai Penghilang Bau Badan 

Oleh : Septin Eksamayora 

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan sumber daya dan hasil alamnya sehingga pengembangan tumbuhan di dalam maupun di luar sekarang berkembang dengan pesat. 

Penggunaan obat herbal sekarang semaking sering di gunakan karena selain terjangkau harganya obat herbal juga terbukti bahwa efektif bagi kesehatan dan tidak terlalu menimbulkan efek samping seperti obat kimia. 

Berbagai tanaman rempah yang jarang di ketahui oleh masyarakat akan khasiatnya contohnya seperti daun kemangi masyarakat hanya memanfaatkan daun kemangi sebagai makanan karena memiliki aroma yang khas. masyarakat belum tau tentang khasiat yang dikandung daun kemangi ini yaitu dapat digunakan sebagai salah satu penghilang bau badan.

Kebersihan atau bau badan merupakan hal penting dalam penampilan seseorang. Setiap individu pasti akan memiliki kepercayaan diri yang lebih apabila badannya berbau harum dan menyegarkan. 

Bau badan sangatlah berhubungan dengan sekresi keringat seseorang dan juga adanya pertumbuhan mikroorganisme, serta berhubungan dengam makan seperti bumbu-bumbuan (bawang putih). Bau badan lebih tercium pada daerah kelenjar apokarin seperti pada ketiak.

Penggunaan sabun dan air saja kurang efektif untuk mencegah adanya bau badan. Maka dari itu ada beberapa cara untuk mengurangi bau badan yaitu kosmetik anti bau badan. 

Kosmetik anti bau badan ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri,sehingga dapat mengurangi atau mampu mengontrol bau keringat atau dikenal sebagai deodorant. 

Tetapi ada beberapa deodorant yang justru membuat kulit menjadi hitam dan tidak tahan lama. Indonesia memiliki banyak tumbuhan dan rempah yang berkhasiat sebagai obat-obatan dan komestika. Diantaranya yaitu daun kemangi. Masyarakat jarang mengetahui khasiat dari rempah ini karena biasanya masyarakat hanya menjadikan sebuah lalapan untuk makanan.

Tanaman kemangi (ocimum sanctum L) termasuk dalam family Lamiaceae yang banyak tumbuh dan merupakan suatu tanaman yang tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Kemangi telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat sejak dulu. Tanaman kemangi terutama daunnya bisa digunakan sebagai penyedap masakan maupun obat-obatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN