Mohon tunggu...
Septia SekarAyu
Septia SekarAyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan PMM: Mahasiswa UMM Terapkan Proker yang Bertema Meningkatkan Kreativitas dan Minat Bakat Siswa KB Aisyiyah 18 Dau

27 September 2022   21:39 Diperbarui: 27 September 2022   21:51 101 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama dengan siswa-siswi KB Aisyiyah 18 Dau | Foto pribadi

Menurut seminar nasional pengabdian masyarakat LPPM UMJ, anak pada usia dini sedang berada dalam masa keemasan dan mudah untuk menerima stimulus-stimulus yang ada dilingkungan sekitarnya. Kreativitas anak juga merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan. Apalagi pada usia dini sangat penting untuk meningkatkan dan menyalurkan kreativitas yang dimiliki anak.

Menurut jurnal IAIN Kudus tentang Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, mengembangkan minat dan bakat pada anak bertujuan agar anak bisa belajar atau ketika sudah dewasa bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh sang anak. Jadi dengan mengetahuinya sejak dini, orang tua bisa lebih mengarahkan anak-anaknya sesuai dengan minat sang anak. Ketika melakukan kegiatan yang diminati juga pastinya anak lebih senang dan antusias dengan kegiatan tersebut.

Kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) 18 Gel. 8 Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri dari empat anggota yaitu Charisma Tiaraputri, Nurul Atiqa Hanis, Octaviana Diah, serta Septia Sekar, yang dibimbing oleh Dr. Fauzik Lendriyono, S. Sos,. M. Si melakukan program dengan tema meningkatkan kreativitas dan minat bakat anak-anak KB Aisyiyah 18 Dau. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2022 hingga 22 September 2022. Berlokasi di PERUM. Landungsari Permai blok F, No.10, Landungsari.

Pada PMM ini ada empat program inti yang telah dijalankan. Program ini bertujuan untuk melatih motorik halus pada anak, melatih motorik kasar, mengenal minat dan bakat anak, serta meningkatkan kreativitas anak. Sehingga diharapkan anak-anak di KB Aisyiyah 18 Dau motorik, minat dan bakat, serta kreativitasnya bisa lebih berkembang.

Siswa-siswi dengan hasil menanam kecambahnya | Oleh: Septia Sekar
Siswa-siswi dengan hasil menanam kecambahnya | Oleh: Septia Sekar

Adapun kegiatan yang dilakukan untuk melatih hal-hal tersebut adalah membuat mozaik dari kertas origami, mewarnai gambar cita-cita mereka masing-masing, melempar dan menangkap bola, mengelompokkan bola sesuai dengan warnanya, menceritakan tentang cita-cita yang telah dipilih untuk diwarnai, menempel dan menghias mading foto, serta menanam kecambah.

Penutupan PMM UMM | Oleh: Septia Sekar
Penutupan PMM UMM | Oleh: Septia Sekar

PMM kelompok 18 gelombang 8 juga sudah melakukan penutupan serta perpisahan dengan siswa-siswi serta guru yang ada di KB Aisyiyah 18 Dau. Saat penutupan kami juga memberikan hadiah kenang-kenangan untuk KB Aisyiyah 18 Dau berupa plakat serta buku-buku untuk dibaca dan dipelajari para siswa-siswi yang disponsori oleh New Book Store (NBS) UMM. Selain itu kami juga memberikan alat permainan edukatif seperti alat perkakas, permainan dokter-dokteran, permainan mengenal huruf hijaiyah, serta permainan mewarnai stiker dengan glitter. Saat penutupan juga kepala sekolah menyampaikan pesan dan kesannya untuk kami selama di KB Aisyiyah 18 Dau.

"Yang pertama, saya sampaikan Terimakasih sudah membersamai teman-teman KB Aisyiyah 18 selama hampir satu bulan mesti tidak setiap hari secara intens dan secara tidak langsung juga membantu Bu Guru dalam mempersiapkan KBM (kegiatan belajar mengajar) setiap harinya. Kalian semua bisa betadaptasi dengan baik, khususnya dengan teman-teman dan membuat nyaman mereka" ujar ibu Indri Haryani.

Ibu Indri juga mengatakan program yang telah dilakukan kemarin semuanya menarik dan sesuai dengan usia siswa-siswi KB Aisyiyah 18 Dau. Siswa-siswi KB juga sangat bersemangat dan menikmati setiap program kerja yang telah berikan. (skr)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan