Mohon tunggu...
Septiara SuryaAbdi
Septiara SuryaAbdi Mohon Tunggu... Lainnya - yayaaa

bismillah(:

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

2022 Indonesia Terancam "Pailit"?

17 November 2020   07:49 Diperbarui: 17 November 2020   08:07 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Melihat kata pailit , kata yang identik dengan keadaan perusahaan. Disini kita membahas perkembangan ekonomi indonesia sebelum pandemi , saat pandemi dan nanti setelah pandemi .

Di tahun 2019, perkembangan ekonomi Indonesia meningkat cukup pesat, tetapi dunia di landa Virus Covid - 19 di awal tahun 2020 ini yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi global, akhirnya Indonesia terdampak Covid-19 dan bisa di katakan "hampir" krisis ekonomi. Akankah ekonomi di Indonesia berkembang pesat pasca pandemi Covid-19 ini ?

Pandemi Covid-19 melanda di berbagai belahan dunia , pandemi yang awalnya menyerang Negara China khususnya Kota Wuhan akhirnya melanda negara kita tercinta ini.

Virus ini menyerang hampir segala sektor di Negeri kita ini. Selain Sektor Pendidikan , Sektor Perekonomian di Indonesia sangat terdampak . Indonesia yang saat ini "digadang - gadang" sebagai negara maju akhirnya harus terpincang - pincang sektor Ekonomi dan Industri . Menurut beberapa sumber Hutang Indonesia di tahun 2019 mencapai Rp. 4.779 triliun dan per bulan Juli 2020 Hutang indonesia meningkat tajam menjadi Rp. 5.434,86 triliun , sedangkan sampai di bulan November ini Pandemi Covid-19 belum juga berakhir .

Pariwisata yang sangat berpotensi membantu ekonomi indonesia sampai saat ini belum sepenuhnya di buka untuk Turis mancanegara , dan bukan hanya itu saja Kegiatan Ekspor impor selama pandemi ini mulai loyo.. Banyak Industri yang terpaksa harus "Gulung Tikar" karena Pandemi yang tidak kunjung selesai ini.

Bayangkan jika Pandemi Covid-19 ini berlanjut sampai akhir tahun 2021 , indonesia  akan semakin babak belur menangani hutang-hutang yang sudah bertumpuk dari beberapa tahun lalu. Indonesia yang sudah mendapatkan predikat Negara dengan Hutang yang besar akan terancam bangkrut atau mengalami resesi ekonomi besar besaran .

Sebagai penutup marilah kita berdoa agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan Ekonomi Indonesia bisa segera bangkit. Salam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun