Mohon tunggu...
Septian Ananggadipa
Septian Ananggadipa Mohon Tunggu... So let man observed from what he created

Pejalan kaki dunia

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ekonomi dan Kekayaan yang Merusak

8 Mei 2019   09:52 Diperbarui: 8 Mei 2019   22:16 253 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi dan Kekayaan yang Merusak
sumber gambar: wallpapercave.com

Dunia ekonomi adalah hutan belantara yang penuh misteri, dirancang oleh manusia dengan segala kerumitan angka dan teori yang dapat memengaruhi kehidupan banyak orang, bahkan hingga negara sekalipun. Baru-baru ini saya membaca dua buku yang membuka banyak pandangan baru tentang dunia ekonomi, yaitu Negeri Para Bedebah karya Tere Liye dan Mengejar Fajar karya Metta Dharmasaputra dan tim Katadata.

Krisis ekonomi yang berulang kali terjadi tentu menjadi suatu ironi. Ada sebuah adagium yang mengatakan "Semakin maju perekonomian, akan semakin fatal dampaknya jika terjadi krisis ekonomi". Padahal, ekonomi seharusnya dibangun untuk menghindari atau mencegah terjadinya krisis bukan?.

Terjadinya krisis dalam skala global terakhir terjadi pada tahun 2008. Berikut ini sebuah cerita sederhana mengenai dunia ekonomi dan krisis tersebut.

Ketika Uang Diciptakan

Pada zaman kuno, manusia memiliki barang dengan cara berburu atau membuat barang tersebut dengan kemampuannya atau kelompoknya sendiri. Dunia berkembang, seiring dengan pertemuan banyak manusia dan kelompok-kelompok, lahirlah sistem barter. Hingga sistem ini, barang-barang seperti bahan makanan, kerajinan, hasil pertanian masih dipertukarkan secara nyata.

Manusia semakin cerdas, ditemukanlah uang dalam bentuk logam sebagai alat transaksi jual beli. Kehidupan primitif dengan cepat berubah drastis, transaksi semakin mudah dilakukan. Era itu datang bersamaan dengan lahirnya era industri, mulai dari minyak bumi, batu bara, dan besi mulai mendorong produksi secara besar-besaran. Tuntutan atas kemudahan transaksi semakin menguat. Hingga lahirlah ide manusia untuk mendirikan Bank dan uang dalam bentuk kertas, dengan tujuan mempermudah proses transaksi.

Tapi siapa yang akan mudah percaya dengan selembar kertas?

Lalu menyimpannya pada sebuah hal baru bernama Bank?

Maka, manusia menciptakan sebuah sistem uang, setiap pencetakan satu lembar uang kertas akan dijamin dengan satu gram emas. Ya ini benar-benar terjadi di awal era penemuan uang kertas. Sepuluh lembar uang akan dijaminan sepuluh gram emas, jadi uang itu terjamin nilainya. Sebagai pemanis tambahan, manusia menciptakan sistem bunga, menjanjikan bunga bagi orang yang menyimpan uang disana, dan kemudahan memperoleh uang bagi peminjam, dengan bunga tentu saja. Mulailah berbondong-bondong manusia semakin akrab dengan uang kertas dan Bank.

Dengan adanya Bank, uang beredar semakin melesat, misalnya dari sebelumnya hanya satu miliar uang yang beredar, dengan adanya Bank maka dalam waktu cepat berkembang menjadi seratus miliar!.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN