Mohon tunggu...
Septanus Arjun
Septanus Arjun Mohon Tunggu... .

menjadi seorang guru mempunyai tanggung jawab yang besar bagi bangsa ini

Selanjutnya

Tutup

Travel

Keindahan di Pelosok Kalimantan Tengah

13 Oktober 2020   22:05 Diperbarui: 13 Oktober 2020   22:12 18 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keindahan di Pelosok Kalimantan Tengah
travel.detik.com

Kalimantan menyimpan banyak misteri cerita-cerita mistis dan kebudayaannya yang kental, kali ini bukan cerita mistisnya yang kita bahas melainkan keindahan alamnya yang luar biasa. Orang-orang tau kalimantan hanya ada hutan yang lebat dan sungai yang panjang, tapi sesungguhnya kalimantan itu banyak menyimpan budaya-budaya hingga tempat-tempat yang indah bagaikan surga di beberapa wilayah. 

Terdapat di pelosok kalimantan tengah kabupaten seruyan didesa pangke, jarak tempuh dari kota palangkaraya ke tempat wisata itu lumayan jauh sekitaran 10 jam an melalui jalan darat. berupa air terjun tapi sungai kecil yang berjatuhan di batu-batu yang besar. 

Konon cerita-cerita penduduk tempat ini dijadikan bersamayamnya penunggu tempat itu yang diyakini dalam bentuk ular atau naga yang memang dikaitkan dalam cerita masayarakat, karena pada hakekatnya orang-orang kalimantan dulunya mempunyai teman atau sahabat yang bukan manusia dalam artian mereka itu seperti mahkluk halus atau jin yang mendiami wilayah tersebut.

Penduduk desa menamakan tempat ini Sahai Gantung artinya aliran sungai kecil yang tinggi yang jatuh di batu besar. Aliran airnya yang sangat deras membuat penududuk setempat memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik dan sangat membantu kebutuhan kegiatan penduduk setempat. 

Tempat ini dulunya belum sepopuler sekarang sebab tempat ini memiliki jalan yang sangat rusak apalagi saat musim hujan jalan nya sangat licin apalgi jalannya tidak diaspal membuat jalan kita sangat terhambat dan memakan waktu yang banyak.

Kita menempuh dari kecamatan awalnya hanya 1 jam lebih, dan membuat kita memkan waktu hampir 3 jam dikarenakan kita harus pintar-pintar menghindari jalan yang rusak. Tapi seiring berjalannya waktu jalan itu mulai diperbaiki dan diperhatikan oleh pemerintah kabupaten sehingga memudahkan orang-orang berkunjung ketempat itu. 

tempat ini masih alami dan masih segar sebab keheningan hutan yang terasa hingga suara bintang-binatang yang berada di hutan membuat suasana semakin relax dikarenakan kita ditunjukkan pemandangan yang luar biasa dan sangat alami-alami, hari minggu tempat ini sangat ramai dikunjungi orang-orang entah itu tua atau muda-mudi semuanya berkumpul disini. 

Terlepas dari unsur mistisnya, mata air ini merupakan obyek wisata yang tak bisa disepelekan oleh pemerintah setempat. Terlepas dari unsur-unsur mistisnya tempat ini merupakan objek wisata yang tidak boleh disepelekan oleh pemerintah sebab buruknya fasilitas jalan atau tempat wisata tersebut harus dikembangkan dan dikelola dalam unsur kebudayaan hingga cerita masyarakat dan mitos-mitos yang berkembang supaya generasi-generasi seterusnya bisa melanjutkan tugas, cerita, dan petuah-petuah budaya yang kita lestarikan.

VIDEO PILIHAN