Kesehatan

Jengkol dan Manfaatnya bagi Tubuh

11 Oktober 2018   16:06 Diperbarui: 16 Oktober 2018   11:35 229 0 0
Jengkol dan Manfaatnya bagi Tubuh
(rri.co.id)

Jengkol pada umumnya dikenal sebagai dogfruit, ngapi nut, atau jering adalah spesies dalam keluarga kacang yang berasal dari Asia Tenggara. Jengkol sendiri merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Walaupun jengkol mempunyai bau yang menyengat, namun hal itu tidak mengurangi kesukaan orang akan buah yang satu ini.

(baca juga : Mulai Hidup Sehat dengan Mudah)

Tidak banyak yang mengetahui kalau ternyata Jengkol itu memiliki berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Lalu apa saja kandungan dan apa saja manfaat Jengkol Bagi kesehatan itu? Berikut diantaranya:

Mencegah Timbulnya Penyakit Anemia

Manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya penyakit anemia. Hal ini dikarenakan di dalam Jengkol terdapat kandungan zat besi, yaitu zat yang dapat memproduksi sel darah merah sehingga tubuh tidak akan terserang penyakit anemia tersebut.

Mencegah Osteoporosis

Selain zat besi dan protein, jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor yang dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering memakan jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang dalam tubuh Anda menjadi lebih kuat.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan. Manfaat Antioksidan dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Mencegah Diabetes

Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal.

Merampingkan Perut

Jengkol juga dapat membantu merampingkan perut buncit karena adanya kandungan serat yang tinggi didalamnya.

Nah itulah beberapa manfaat mengonsumsi jengkol. Namun perlu diingat juga jika terlalu banyak mengonsumsi jengkol juga tidak baik buat kesehatan.

(baca juga : A Sweet Pea Flower)