Mohon tunggu...
UKM Sepakbola Futsal UGM
UKM Sepakbola Futsal UGM Mohon Tunggu... Kajian Strategis UKM Sepakbola dan Futsal Universitas Gadjah Mada

Kajian Tentang Sepakbola dan Futsal yang diinkubasi oleh Direktur Teknik Tim Kajian Strategis UKM Sepakbola dan Futsal UGM. Artikel mengenai bagaaimana sepakbola modern berkembang serta masalah actual yang dihadapi pada industry olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Permasalahan Buruknya Nutrisi pada College Student Athlete Sepak Bola Indonesia

28 Juli 2020   21:34 Diperbarui: 29 Juli 2020   20:52 99 2 1 Mohon Tunggu...

Nutrisi sebagai bahan bakar tubuh acap kali diabaikan oleh kebanyakan soccer college student-athlete di Indonesia.

College Student Athlete biasanya berumur 16-19 tahun dan mereka hidup jauh dari orang tua mereka untuk merantau menuntut ilmu di kota lain, dengan posisi yang berjauhan dari orang tua mereka membuat pola makan tidak terkontrol karena tidak ada pengawasan orang tua, minimnya uang saku untuk membeli makanan sehat, dan lemahnya pengetahuan dan sosialisasi tentang nutrisi yang tepat sedari kecil.

Soccer College Student Athlete di Indonesia penulis asumsikan memiliki pola makan yang buruk bagi kehidupan olahraga mereka, bahkan jauh dari pola makan hidup normal yang direkomendasikan berbagai instansi kesehatan

Dengan hanya makan sehari hanya dua kali, makan terlalu banyak karbohidrat, dan kurangnya asupan kadar kreatinin maupun protein untuk tingkat College Student Athlete membuat penulis bisa mengasumsikan bahwa mereka mempunyai perilaku makan yang buruk.

Ini dimulai dari alasan bahwa kurangnya dana harian yang dimiliki oleh college student-athlete yang membuat mereka membeli makanan instan, makanan penuh lemak, dan minuman yang bergula agar cepat kenyang seharian sesuai budget makan harian mereka.

Nutrisi pada umumnya seharusnya memberikan pengaruh yang besar bagi performa dari student athlete.

Permasalahan ini mengakar sekali di Indonesia dan berdampak pada lemahnya fisik atlet di lapangan ketika bertanding, pada banyak penelitian dan beberapa fakta yang tersaji bahwa pemain sepakbola Indonesia pada level remaja sampai senior diasumsikan hanya mampu mencapai performa fisik terbaiknya untuk 60 menit saja.

Kelemahan itu jelas membuat pelatih tidak bisa memaksimalkan taktik dengan fisik yang dimiliki pemain dan dapat sangat berdampak besar pada hasil pertandingan.

Nutrisi adalah hal yang vital bagi atlet untuk membantu mereka mencapai performa tertinggi dalam kehidupan olahraga mereka Nutrisi penting karena berupaya menyediakan energi untuk beberapa jenis proses yang dilakukan didalam tubuh.

Bagaimana pola makan mereka sebelum dan sesudah latihan atau pertandingan sangat berpengaruh pada penjagaan tingkat kesehatan dan tingkat kebugaran mereka. 

Nutrisi dalam soccer college student-athlete sebenarnya menjadi isu yang sangat melekat namun tidak disadari sebagai hal yang urgensi oleh pelatih di tingkat kampus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN