Mohon tunggu...
Septian Eka Putra
Septian Eka Putra Mohon Tunggu... -

" Bergerak bukan krna apapun & siapapun, ttp bergerak krna niat baik & ketulusan. Berangkat dr NIAT, bertekad dgn SEMANGAT dan berbuat utk MANFAAT# Semangat bermanfaat "

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Sudah Bijakkah Kita Dalam Menggelola dan Menggunakan IPTEK?

19 April 2014   13:29 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:29 275 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah Bijakkah Kita Dalam Menggelola dan Menggunakan IPTEK?

Oleh,

Septian Eka Putra ( Pend. Teknik Mesin ’11 )

Pada akhirnya semua kamajuan dan kecanggihan teknologi akan bermuara pada kebaikan jika kita mampu mengendalikan teknologi, bukan kita yang dikendalikan oleh teknologi.

Di dalam perkembangan suatu negara ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang biasa kita kenal dengan IPTEK. IPTEK sendiri merupakan suatu hal yang perlu dipertimbangkan demi mewujudkan kemajuan suatu negara, baik di bidang pengetahuan ataupun teknologi. Menurut saya, ilmu pengetahuan dengan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Mengapa? Karena karena kedua hal tersebut memiliki keterpaduan dan menopang satu sama lain. Yang dimana dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka akan mengakibatkan semakin canggihnya suatu teknologi dan begitupun sebaliknya. Namun bagaimana kabarnya IPTEK tersebut di negara Indonesia ini? Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi pendapat/ pandangan tentang sikap bijak dalam penggunaan IPTEK itu sendiri khususnya pada penggunaan teknologi dengan bertemakan “ Menikmati Hiruk Pikuk IPTEK di Tanah Airku ”

Di Indonesia sendiri, IPTEK kini mulai berkembang sangat pesat. Sebagai contoh kecil kita dapat melihat bagaimana pelajar sekarang sudah memegang gadget bahkan sampai anak SD kelas terentu pun terkadang sudah memilikinya. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu bagaimana cara para konsumen/ pengguna dalam menggunakannya. Jika di ibaratkan IPTEK ini layaknya sebuah pisau yang dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari ataupun dapat melukai penggunanya. Semua itu tergantung dari sikap bijak tidaknya seorang pengguna dalam menggunakannya. Lalu bagaimanakah sikap bijak itu dapat dimilikinya?

Untuk beberapa kalangan IPTEK ini sudah mampu mereka gunakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun bagaimana jika seorang anak SD yang memegang kecanggihan IPTEK tersebut? Adakah hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan? Menurut saya, kecanggihan teknologi akan menjadi buruk jika tidak di imbangi dengan ilmu pengetahuan, pengawasan (khususnya bagi anak pelajar SD) dan IMTAQ tentunya. Mengapa demikian? Karena jika kita pahami ada beberapa pengaruh buruk yang dapat ditimbulkan dari adanya kecanggihan teknologi ini contohnya, dapat mempengaruhi interaksi social di lingkungan (lebih seringnya berinteraksi di dunia social dari pada di kehidupan bermasyarakat) dan penyalahgunaan internet serta hal lain sebagainya.

Nah, maka dari itulah sangat dibutuhkannya peran-peran penting dari sebagian orang yang berada di sekitar penguna teknologi tersebut. Yang dimana jika dirumah, ada orang tua harus mampu memberikan pengawasan kepada anaknya dan di sekolah, pendidik pun harus bisa mengarahkan peserta didiknya kepada penggunaan IPTEK secara bijak agar tidak adanya penyimpangan dalam menggunakan teknologi tersebut. Lalu bagaimanakah jika peran-peran tersebut tidak dapat terpenuhi? Atau bagaimana jika ilmu pengetahuan tidak mampu menopang kecanggihan dari teknologi yang ada? Pastilah itu akan membawa damapak yang buruk bagi penggunanya. Bisa saja ia menyalahgunakan kecanggihan teknologi tersebut karena tidak adanya pengawasan. Kemudian bagaimana kabarnya jika ilmu pengetahuan di bidang teknologi dihapuskan? Contohnya di tidak adakannya mata pelajaran KKPI di sekolah. Menurut saya, mata pelajaran ini sangat penting dikarenakan perannya di dalam membimbing dan mengawasi penggunaan teknologi (khususnya computer dan internet) yang dimana pengawasan merupakan hal perlu diperhatikan bagi pengguna teknologi agar dapat secara bijak menggunakan kecanggihan tersebut. Hanya saja yang perlu digaris bawahi disini adalah perlunya arah yang jelas dan sesuai di dalam mengawasi perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Kemudian IMTAQ juga perlu guna memberikan rasa mawas diri agar pengguna kecanggihan teknologi ini tidak terjerumus kedalam penyalahgunaannya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi yang ada disekitar kita. Pada akhirnya semua kamajuan dan kecanggihan teknologi akan bermuara pada kebaikan jika kita mampu mengendalikan teknologi, bukan kita yang dikendalikan oleh teknologi.

Mohon tunggu...

Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan