Mohon tunggu...
Sentul kenyut
Sentul kenyut Mohon Tunggu... solikolilolilo

aquarius

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pakta Integritas yang Dibangun Seorang Suwarno, Pati

24 Mei 2019   16:48 Diperbarui: 24 Mei 2019   16:52 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pakta Integritas yang Dibangun Seorang Suwarno, Pati
suwarno-pati-e-5ce7bdf2733c4350f106ba83.jpg

Berawal dari  mendirikan Koperasi di Pedesaan hanya bermodal iuran anggotanya Rp 500,_ siapa sangka akan berkembang menjadi 3 Koperasi Raksasa yang merajasi perkoperasian di eks karsidenan Pati , bahkan sampai di  Luar Jawa Tengah. Menurut keterangan Mas Buris  rowo  dalam percakapan warung Kopi yang dikemas  Mas johanes  Andi ,dari bratapos.com , sedikit bercerita kisah , opini dan harapan tentang Pak suwarno  ekawarsa ini , yang kali ini menang kontestasi dalam Pencalonan dirinya dari Dapil III , winong , pucakwangi, Jakenan , jaken   dari  Partai PDIP . untuk periode 2019-2024.

Dalam percakapan gatyeng di  Kandang sapinya   sebagai ketua kelompok Tani dan peternak  " rojo Koyo" kropak  Mas Buris dan teman temannya menyampaikan banyak harapannya kedepan kepada   Bapak Suwarno yang sekarang menjadi perbicangan  banyak orang dan masyarakat dari  semua Kalangan , tak terkecuali kalangan menengah ke bawah .. yang intinya masyarakat berharap  sangat banyak  sesuatu yang beluam diucapkan dalam hatinya , apa yang digadhang- gadhang ini menjadi rangkuman pembicaraan sebagai berikut , diantaranya,

"Masyarakat pati selatan akan mendukung Penuh jika beliau berkenan mencalonkan K-2  Pati kedepan , dengan tema Suwarno  Spd, SH, MM  Merah delima , berintegritas dan berkarakter , sangat berpeluang untuk K2 Pati ke depan . pasalnya kembali terukir .. Berawal dari profesi sebagi PNS guru SD  di Karangkonang , sampai menjadi Kabag di  Dinas pendidikan Kabupaten Pati , menjelang pensiun  dipercaya oleh pemerintah menjadi PLT Kepala Dinas menggantikan Sarpan , karena peensiun ; Bupati Pati Haryanto akhirnya menunjuk Suwarno sebagai Plt .redaksinya begini.

Bupati Pati Haryanto akhirnya menunjuk Suwarno sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Penyerahan surat tugas sebagai Plt, dilakukan di sela-sela pergelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Bowo Asmoro, di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Kamis (1/3) lalu sekitar pukul 00.30. Bupati memberikan pengantar penyerahan surat tugas itu, mengakhiri spekulatif yang selama ini bermunculan.Suwarno selama ini juga bertugas di jajaran Disdikbud.

Kepala OPD itu selama ini dijabat Sarpan yang per 1 Maret memasuki masa pensiun. Untuk melepas mantan pejabat itu, digekar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan mengambil cerita Wahyu Kembang Dewa Retna.Ditetapkannya Suwarno yang selama ini sebagai sekretaris di Disdikbud itu, kata Bupati Haryanto, karena pertimbangan untuk melaksanakan tugas-tugas kependidikan dibutuhkan sosok personel yang benarbenar memahami tugasnya. Sebab, Dinas Pendidikan tidak hanya semata- mata mengurusi para guru, tapi juga murid yang jumlahnya ribuan.
Apalagi dalam dalam waktu dekat, murid harus menempuh ujian nasional, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

''Karena itu, sebelum ditetapkannya Kepala Disdikbud definitif yang prosesnya membutuhkan waktu tiga bulan, maka dibutuhkan seorang plt yang benar-benar mampu melaksanakan tugas dalam waktu tertentu. Untuk penyerahan surat tugas Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, akhirnya mencalonkan dirinya menjadi  Legeslatif Dari PDIP , suatu langkah progres yang tepat ,  periode 2019-2024 kedepan  dipastikan jadi Legeslatif dari PDIP --DPRD II Pati . selain menjadi Ikon seorang PNS yang sukses berkarir sampai pensiunnya.

Suwarno  juga merintis sebuah UMKM bergerak dibidang ekonomi kerakyatan  , yaitu  Koperasi  tanggel , yang menjadi embrio berkembang menjadi Koperasi besar  Menjadi parameter perkoperasian se Jawa Tengah , Ekawarsa ( KEW)  dan Sejahtera Madiri (SM), semua capaian itu tidak membuat Pak Warno yang akarb dengan sapaannya ini menjadi Tinggi Hati. Beliau dengan semangat perjuangan , memperjuangkan , memajukan perekonomian rakyat di tanggel dan sekitarnya ,  dengan pinjaman yang semual skala kecil dan menengah, memebri modal pengrajin  dari Bambu di daerah tanggel dan pulorejo serta desa sekitarnya ; berupa dunak , eblek, caping , Tampah , ikrak, biting serta tusuk sate  di daerahnya . kesuksesan Suwarno didukung oleh teman --temanya  Guru di dinas Pendidikan yang selama itu memberi dukungan , baik moril,materiil, permodalan demi berdirinya Koperasi. Sebuah Batu loncatan yang luar biasa  . bukan tak mungkin jika kedepan  bapak suwarno di calonkan K-2 (pati) , didampingkan dengan siapa saja , kita (red.) mempunyai assumsi bahwa kedepan Pak warno akan mampu memimpin pati kedepan , sebab selam ini karirnya menanjak sangat bagus , reguler , bangkit dengan keuletan dan ketangguhan.

Mudah mudahan  visi dan missi yang mulia memajukan pati akan  dapat dicapai.. kita tunggu  kiprah pak warrno ( sambut mas Buris .. di warung Kopi Kropak ) .kita  tidak sedang berasumsi ataupun berstigma , kita hanya ingin sebuah percepatan akan kemajuan perekonomian Pati ke depan , terutama bangkitnya UMKM  yang lebih diberdayakan oleh Koperasi yang tidak memberatkan rakyat.  Kita hanya mengajak Publik faham , bahwa kesusksesan itu harus diraih dengan kerja keras dan semangat serta integritas , Kejujuran , keuletan , dan karakter . sebab satu hal yang sangat penting adalah kepercayaan masyarakat , dan amanat yang di embankan Rakyat kepada Beliau.

Tolok ukurnya  adalah kembali kepada citra diri, karakter dan integritas , serta kedekatan kepada Masyarakat  dan itu sudah  dibuktikan oleh  suwarno Mirah delimanya Pati ini. Lebih anjut Mas buris dari Putu Kendeng di lereng gunung Kendeng,  berpesan kepada pak suwarno , agar selalu memperhatikan wong cilik , dan peduli  dengan  kesusahan masyarakat terutama Perekonomiannya . harapan selanjutnya disamapaikan kepada kontributor Bratapos.com , agar Pak suwarno  bisa mendudukkan  Pati di kancah nasional maupun internasional  dalam Hal perkembangan perekonomian kerakyatan  melalui  koperasinya , dengan slogan  melalui Koperasi   Pati Bumi Mina Tani akan mandiri .Masyarakat Pati  berharap banyak  dan menggadang -- gadhang agar Pak suwarno  mencalonkan K2 kalau perlu  K1   di kabupaten Pati " Pungkas mas Buris. ( Johanes Andi purnama dari Bratapos-com)