Mohon tunggu...
senja gulamanjakiyan
senja gulamanjakiyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Berisikan konten mengenai Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Participatory Learning

28 November 2022   20:00 Diperbarui: 28 November 2022   20:02 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Manfaat menggunakan Pembelajaran dan Tindakan Partisipatif dalam proses pemberdayaan masyarakat ditunjukkan dalam studi Kesehatan Masyarakat Strategi Mobilisasi dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Kompetensi Pembelajaran dan Tindakan Partisipatif Pentingnya kesehatan. Mirip dengan studi yang dilakukan menggunakan pendekatan gabungan dengan dan memiliki pendekatan Participatory Learning, yaitu “PMPV-DHF (Community Empowerment in Dengue Vector Control)”. berhasil mengintervensi. 

Dengan peningkatan pengetahuan dan sikap orang untuk mengatasi wabah demam berdarah (DBD), secara positif dan signifikan juga mengenali tanda bahaya pada ibu hamil melalui pendekatan Participatory Learning. mampu meningkatkan pengetahuannya. 

Mengingat keberhasilan Proses Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Pembelajaran Partisipatif dan Aksi , maka konsep Pendekatan sudah sewajarnya diimplementasikan dalam program pemberdayaan masyarakat yang lebih sistematis, lebih luas dan berkeadilan. Saat ini, program pemberdayaan masyarakat dilaksanakan secara sistematis di Indonesia, dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. 

Dari sekian banyak program pemberdayaan saat ini sangat populer. Yakni, Program Keluarga Harapan (PKH), program pemerintah yang dirancang untuk mengatasi masalah kemiskinan masyarakat Indonesia. 

Program ini diamanatkan oleh Keputusan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan Tentu saja, sebelum PKH ada, banyak program untuk mengurangi kemiskinan Kemiskinan merupakan masalah nasional sehingga memerlukan langkahlangkah strategis dengan pendekatan pengelolaan yang sistematis, terpadu dan komprehensif. 

Jika salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah tercapainya program pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi beban, mewujudkan hak, mewujudkan masyarakat madani dan mencapai kualitas hidup yang bermartabat, PKH-Bansos Program bertumpu pada keluarga miskin, rentan, dan masyarakat yang terdaftar di database Departemen Pelayanan Sosial atau. 

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program penguatan masyarakat yang berupaya memberikan masyarakat tidak hanya dukungan tetapi juga kesempatan untuk bersaing dengan masyarakat lain. Sebagai pelaksana Program Pemberdayaan Masyarakat, PKH tidak hanya menyalurkan 4.444 tunai kepada 4.444 rumah tangga miskin, tetapi juga membantu seluruh 4.444 penerima PKH. 

Pada , konsep pemberdayaan mencakup dua jenis, yaitu pengembangan masyarakat dan pengembangan berbasis masyarakat. tujuan mendasar dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk memfasilitasi akses individu, keluarga dan kelompok masyarakat terhadap sumber daya yang dibutuhkan untuk mewujudkan proses produksi dan peluang komersial. 

Participatory Learning atau pembelajaran partisipatif merupakan sebuah metode baru dari pemberdayaan masyarakat yang sebelumnya dikenal sebagai “belajar dengan melakukan”. Dengan melalui participatory learning ini masyaraka bisa menggali dan memberikan ilmu pengetahuan dalam ranah pengambilan keputusan, perencanaan serta pelaksanaan sikap untuk membawa perubahan kea rah yang baik atau positif serta memperbaiki kualitas hidup secara individu dan lingkungan masyarakat. 

Pada hakikatnya Partisipasi Belajar efektif menekankan pembelajaran dimana Kegiatan belajar dibangun di atas ini Partisipasi masyarakat di segala bidang dari desain dan implementasi dan evaluasi. kegiatan belajar di dunia pendidikan. Tentu saja, dengan harapan konstruksi perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. pembelajaran partisipatif adalah sebuah pendekatan untuk belajar dan berinteraksi dengan komunitas atau Publisitas. 

Sebenarnya pendekatan ini mencakup berbagai metode partisipasi memfasilitasi kolektif dan proses Belajar di lingkungan masyarakat. Ramah Secara umum, pendekatan ini dapat digunakan mengenali kebutuhan, merencanakan, Memantau atau mengevaluasi proyek dan Program. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun