Mohon tunggu...
Seni Asiati
Seni Asiati Mohon Tunggu... Untuk direnungkan

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya menjadi kegiatan yang menghasilkan. Hasil yang paling utama adalah terus berliterasi menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan. Selain itu dengan menulis rekam sejarah pun dimulai, ada warisan yang dapat kita banggakan pada anak cucu kita nantinya. Ayo, terus torehkan tinta untuk dikenang dan beroleh nilai ibadah yang tak putus.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Merdeka Belajar

10 Juli 2020   11:17 Diperbarui: 10 Juli 2020   11:25 153 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merdeka Belajar
dok. pribadi

Jika terdengar lagu Indonesia Raya apa yang akan kamu lakukan?

Tahukah kamu sebelum negara kita merdeka memmekikkan kata "Merdeka" harus memperjuangkan nyawa. Perjuangan bangsa kita bukan dongeng, bukan omong kosong. Semua dilakukan agar bangsa kita tercinta ini bisa terbebas dari semua bentuk penjajahan.

Kemerdekaan berarti negara tersebut telah terlepas dari penjajahan dan memiliki hak dalam mengatur wilahnya tanpa campur tangan negara yang menjajah. kemerdekaan juga berarti suatu negara telah terlepas dari belenggu negara penjajahnya itu.

Pertanyaannya apakah kita sudah "merdeka"?

Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri.

Hal ini berarti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara. Bangsa yang bebas menentukan kemana akan di bawa kapal besar yang bernama "Indonesia".

Sebagai pelajar arti merdeka menempatkan pada bebas mendapatkan pendidikan dan menentukan kemana dan dimana kita dapat belajar. Tetapi apakah sebebas itu? Ditengah wabah Copid-19 kebebasan untuk bertatap muka dengan guru dengan teman sudah terbelenggu. 

Pemerintah menganjurkans ekolah dilakukan dengan "Daring" atau belajar tanpa tatap muka. Bukankah kebebasan kamu sudah terengut? Kamu tidak bisa bebas kemanapun yang kamu suka, yang paling membosankan adalah kamu harus melakukan semua aktivitas dari rumah.

Terpikirkah olehmu mengapa semua itu harus dilakukan oleh pemerintah? Banyak rumor bilang virus itu tidak ada kita hanya ketakutan? Apalagi jika LITERASI tidak kamu lakukan. Kebebasan kamu memang tercabik dengan adanya pandemic covid -19 ini.

Pemerintah mengambil langkah karena demi nasib bangsa dan anak-anak bangsa yang akan meneruskan kapal Indonesia. Belajar dari rumah, melakukan aktivitas di rumah, dan semua dilakukan di rumah menjadikan kita tidak merdeka.

Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi Negara kita tercinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN