Mohon tunggu...
Senada Siallagan
Senada Siallagan Mohon Tunggu... Berpikir Out of The Box

Telinga dan Lidah Seorang Murid

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memahami Teman dalam Krisis

17 April 2021   20:27 Diperbarui: 17 April 2021   21:12 52 5 1 Mohon Tunggu...

Krisis. Ini adalah pengalaman yang dapat menghentikan orang di jalurnya dan melumpuhkan mereka. Mereka terlempar dari keseimbangan dan menjadi panik dan kalah. Yang diinginkan semua orang saat ini adalah kelegaan. Krisis menghantam mereka secara tiba-tiba... atau ini bisa menjadi pukulan terakhir dari serangkaian peristiwa negatif. Orang sering membuat beberapa perubahan terbesar dalam hidup mereka ketika mereka mengalami krisis. Mereka dipaksa untuk berubah ketika cara yang mereka gunakan untuk memecahkan masalah tidak berhasil lagi. Jadi mereka mencari solusi. Teman Anda mungkin melihat Anda sebagai solusi.

Apa yang dialami teman Anda sebagai krisis mungkin bukan krisis bagi Anda. Anda perlu melihatnya melalui matanya. Dan untuk membantu teman yang mengalami krisis, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan krisis.

Yang mendasari setiap krisis adalah kerugian atau serangkaian kerugian. Temanmu tidak akan menjadi dirinya sendiri sekarang. Dia akan berbeda. Seolah-olah seseorang datang dan memukul kepalanya dengan pukulan dua kali empat. Dia tercengang. Dunianya tidak sama lagi. Otaknya kacau. Sisi kanan otak (sisi emosional) kewalahan, yang mengakibatkan sisi kiri kewalahan (sisi berpikir). Jadi dalam keadaan ini teman Anda menjangkau Anda.

Apa yang mungkin diinginkan teman Anda dari Anda di masa krisis ini? Kebutuhan orang berbeda-beda, jadi jangan kaget dengan banyaknya permintaan yang Anda dengar. Dalam banyak kasus, Anda diharapkan menjadi pekerja ajaib. Dia mungkin memandang Anda sebagai harapan terakhirnya, dan ekspektasinya bisa berlebihan, tidak realistis, atau keduanya. Ketika Anda tidak dapat menghasilkan apa yang dia inginkan, jangan kaget jika Anda mendengar kekecewaan atau kemarahan. Namun, Anda akan dapat membantu dengan cara yang akan memenuhi beberapa kebutuhannya.

Apa sajakah tanggapan berbeda yang mungkin Anda lihat dari teman Anda?

* Dia mungkin menginginkan orang yang kuat untuk melindunginya dan membuat keputusan. "Tolong ambil alih untukku." (Anda tidak bisa).

* Dia mungkin membutuhkan seseorang untuk membantunya mempertahankan kontak dengan kenyataan. "Bantu saya mengetahui bahwa saya nyata." (Ini bisa kamu lakukan.)

* Dia mungkin merasa kosong dan membutuhkan cinta. "Pedulilah padaku." (Ini bisa kamu lakukan.)

* Dia mungkin membutuhkan penolong untuk tersedia dan memberikan perasaan aman. Dan dia mungkin terus-menerus menelepon Anda. Aku ingin kamu selalu di sini. (Anda tidak dapat melakukannya. Membantu adalah upaya paruh waktu, bukan pekerjaan penuh waktu).

* Dia mungkin merasakan kebutuhan mendesak untuk membicarakan banyak hal. "Biarkan aku melepaskan ini dari dadaku. '(Anda dapat mendengarkan-mengingat definisi dari mendengarkan yang benar).

* Dia mungkin meminta nasihat tentang masalah yang mendesak. "Katakan padaku apa yang harus dilakukan." (Hati-hati. Anda dapat membantunya menemukan opsi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN