Mohon tunggu...
Seminar Online PAUD
Seminar Online PAUD Mohon Tunggu... PGPAUD UNJ

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PGPAUD FIP UNJ Gelar Seminar Online dalam Rangka Pengabdian Masyarakat Dosen di Masa Pandemi COVID-19

30 September 2020   18:12 Diperbarui: 30 September 2020   18:53 75 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PGPAUD FIP UNJ Gelar Seminar Online dalam Rangka Pengabdian Masyarakat Dosen di Masa Pandemi COVID-19
Poster Seminar Online Seri Ke-8 | dokpri

Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia mengakibatkan terhentinya berbagai macam sektor dalam kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Di Indonesia, pemerintah menyarankan untuk melakukan pembelajaran di rumah, terlebih untuk jenjang PAUD yang membutuhkan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan tanpa terbebani.

Untuk menjawab hal tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan rangkaian Seminar Online yang mengambil tema "Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19". Rangkaian Seminar Online ini merupakan bentuk Program Pengabdian Masyarakat (P2M) yang dilakukan oleh dosen-dosen PGPAUD FIP UNJ dan melibatkan mahasiswa sebagai panitia. Rangkaian Seminar Online PGPAUD yang dimulai dari Seri 1 hingga Seri 9, kini sudah memasuki Seri Ke-8.

Seminar Online Seri Ke-8 yang diselenggarakan oleh PGPAUD FIP UNJ dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 via Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube pada pukul 08:28 WIB. Seminar Online Seri Ke-8 ini bertajuk "Asesmen Perkembangan dan Belajar Berbasis Dokumentasi Elektronik Anak Usia 2-6 Tahun Dalam Kegiatan Belajar di Rumah."

Pembukaan Seminar Online Seri Ke-8| dokpri
Pembukaan Seminar Online Seri Ke-8| dokpri
Pada Seminar Online Seri Ke-8, terdapat 2 sesi dengan narasumber yang berbeda. Sesi 1 mengusung materi tentang "Asesmen Pembelajaran AUD di Masa Pandemi" yang berlangsung pada jam 08:30 s/d 10:00 WIB. Narasumber sesi 1, Dra. Yenina Akmal, M.Hum. merupakan Dosen PGPAUD FIP UNJ. Beliau membawakan materi bersama salah satu Educarer TTKA Ceria Laboratorium PGPAUD FIP UNJ, Ika Subekti, S.Pd.  

"Asesmen adalah upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk menentukan tingkat pencapaian dan perkembangan seorang anak melalui sebuah proses. Proses pengumpulan dan pengolahan secara komprehensif. Pendidikan bertumpu kepada proses, karena proses adalah tahapan yang dijalankan dengan benar," ungkap Dra. Yenina Akmal, M.Hum., pada saat menyampaikan materi seminar online.

Penyampaian materi Sesi 1 oleh Dra. Yenina Akmal, M.Hum. | dokpri
Penyampaian materi Sesi 1 oleh Dra. Yenina Akmal, M.Hum. | dokpri
Ika Subekti, S.Pd. juga mengatakan bahwa, "Pembelajaran selama pandemi PAUD mungkin akan berbeda dengan yang sudah dirancang oleh lembaga, sehingga kita harus memperhatikan bagaimana kondisi orang tua dan anak di rumah. Observasi dilakukan lebih banyak oleh orang tua, sedangkan guru mendapatkan kesempatan sedikit untuk mengobservasi, namun, guru dapat memperkuat hasil observasinya melalui wawancara dengan orang tua."

Penyampaian Materi Sesi 1 oleh Ika Subekti, S.Pd.| dokpri
Penyampaian Materi Sesi 1 oleh Ika Subekti, S.Pd.| dokpri
Tidak hanya itu, para mahasiswa PGPAUD FIP UNJ angkatan 2017 yang beranggotakan Dea, Husna, Maula, Indira, dan Rifdah juga diberikan kesempatan untuk menayangkan video berupa contoh implementasi asesmen anak usia dini selama masa pandemi. Tujuannya untuk membuat para peserta mengetahui contoh konkret dari asesmen pada masa pandemi itu sendiri.

Acara berlanjut menuju Sesi 2 pada pukul 10:30 s/d 12:00 WIB, dengan judul "Penerapan Asesmen Perkembangan dan Belajar Berbasis Dokumentasi Elektronik". Narasumber sesi 2, Ibu Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si., merupakan Dosen PGPAUD FIP UNJ. Beliau mengisi materi bersama kedua Educarer TTKA Ceria Laboratorium PGPAUD FIP UNJ, Zahrah Zakiyya, M.Pd. dan Hajar Widhi Astuti, S.Pd.

"Proses pengambilan data digali dari orang tua pada masa pandemi, para guru harus sabar untuk membimbing orang tua dan harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang tua," ungkap Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si. pada paparan materinya. "Orang tua harus sedikit lebih bijaksana dan peka untuk melakukan asesmen yang sifatnya bisa dilakukan tiap saat, kapanpun dan dimanapun. Orang tua menjadi mitra guru di rumah," lanjutnya.

Penyampaian Materi Sesi 2 oleh Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si.| dokpri
Penyampaian Materi Sesi 2 oleh Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si.| dokpri
Zahrah Zakiyya, M.Pd. beserta Hajar Widhi Astuti, S.Pd. juga memperjelas paparan dengan contoh-contoh asesmen yang selama ini dilakukan di TTKA Ceria Laboratorium PGPAUD FIP UNJ. "Guru harus mengalami transisi yang sedang terjadi di masa pandemi ini, terutama keadaan orang tua di rumah. Guru bisa memberikan solusi atau cara lain untuk menghubungi orang tua," ungkap Hajar Widhi Astuti, S.Pd.

"Guru juga dapat memberi pilihan waktu bagi orang tua untuk berbincang bersama guru terkait perkembangan anak. Selain menghubungi via telepon, guru juga bisa menggunakan berbagai cara, seperti mengumpulkan data menggunakan Google Form tentang kegiatan anak sehari-hari," sambung Zahrah Zakkiya, M.Pd.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x