Mohon tunggu...
Thomas Sembiring
Thomas Sembiring Mohon Tunggu... Blogger KereAktif

ASMI Santa Maria, Univ.Sanata Dharma, Diaspora KARO, Putera Aceh Tenggara, International Movement of Young Catholics (IMYC) for Social Justice, INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Semangat Astra di Jalanan Jakarta

21 November 2017   14:46 Diperbarui: 21 November 2017   14:51 788 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
 Semangat Astra di Jalanan Jakarta
Ilustrasi dari Kompas.com/Robertus Belarminus

Apakah anda menikmati layanan Trans Jakarta?Bagaimana pengalaman anda menggunakan armada Trans Jakarta?
Barangkali setiap kita memiliki cerita berbeda soal pengalaman menggunakan transportasi publik andalan Jakarta yang berdiri sejak Januari 2004 ini. Sejak era kepemimpinan Bang Yos di DKI Jakarta, layanan ini memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mendukung mobilitas pengguna moda transportasi publik Jakarta yang jalanannya makin padat.

Trans Jakarta yang kerap dikenali secara salah kaprah sebagai busway (jalur bus Trans Jakarta) konon merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini idenya berasal dari keberhasilan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia.

Nah, tapi melihat jejak perjalanan Trans Jakarta, sadarkah anda ada yang berbeda kini dari fasilitas armada bus mereka?

Pada awal-awal dulu, selain karena keterbatasan armada bus, mungkin kita terbiasa mendengar kabar armada bus yang mogok. Duduk di bagian belakang terasa panas karena mesin bus. Sistem pendingin bus tak bekerja. Atau paling miris mendengar kabar armadanya yang berhenti karena terbakar saat sedang bertugas.

Syukurlah bahwa sejak Juni 2015 lalu armada bus Trans Jakarta mulai dibenahi dengan masuknya bus Gandeng Scania sebanyak 20 unit. Atas inisiatif Gubernur saat itu, Basuki Tjahaja Purnama, wajah armada Trans Jakarta mulai dipermak. Armada lama yang beberapa kali dikabarkan terbakar di jalanan itu pun secara bertahap dikandangkan sebagian.

Masuknya armada perdana kelas Eropa ini hingga sekarang tentu merubah banyak hal dalam pengalaman menggunakan Trans Jakarta. Selain karena bus yang berkualitas super, desain yang elok, serta tampilan dalamnya yang menarik, armada baru ini juga didukung oleh perawatan yang baik. Kini semakin banyak kita temukan armada yang berkualitas ini khususnya di rute Blok M - Kota.

Melalui UTGuaranteed Product Support, PT United Tractors Tbk selaku pemasok memberikan layanan super berupa jaminan kepastian suku cadang, mekanik dan jasa perbaikan. UT juga menyediakan layanancontact center 24 jam Scania service assistance melalui UT Call. Sehingga dengan demikian kualitas produk bus Gandeng Scania Euro 6 sistem Bus Rapid Transit (BRT) selalu terjaga demi kenyamanan pengguna Trans Jakarta, termasuk anda.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Bis Gandeng Scania Euro 6 asal Swedia ini, antara lain efisien dan ramah lingkungan. Dengan emisi mesin gas Euro 6, bus Scania ini memiliki daya tahan tinggi. Mesin yang berbahan bakar gas Euro 6 turut memberikan solusi atas tingginya tingkat polusi di kota besar seperti Jakarta, karena kadar NOx (nitrogen oxides) yang dihasilkan mengalami penurunan sebesar 87.5%. Selain itu kenyamanan berstandar internasional yang dipastikan sulit ditemukan di armada lainnya.

Ilustrasi Tribunnews.com
Ilustrasi Tribunnews.com
Layanan produk Scania yang ramah lingkungan dari UT ini, tentu saja tak lepas dari semangat grup Astra Indonesia untuk menyokong peningkatan kualitas lingkungan hidup Indonesia. Lebih dari itu memberikan kontribusi sosial yang berkualitas bagi bangsa serta negara lewat dukungan terhadap transportasi publik yang berkualitas tinggi. Sebagaimana yang sudah dilakukan Astra selama 60 tahun belakangan ini.

Saya pribadi, sebagai wartawan pengguna Trans Jakarta, biasa menikmati kenyamanan armada ini. Tak jarang saat kebingungan mencari tempat menggarap berita, saya berdiam lama mengulangi rute Bunderan Senayan - Mangga Besar sambil menulis. Sembari mencari inspirasi tema tulisan yang akan dikirim. Adem, plus efisien seperti bus Scania karena tak harus nongkrong menambah biaya di gerai kopi mahal. Maklum, kata Prabowo gaji wartawan itu serba ... SENSOR.  

Jadi, sudah pernah menikmati kenyamanan layanan Trans Jakarta dengan armada bus Scania? 

Cobalah tinggalkan sejenak kendaraan pribadi anda dan segera coba kenyamanannya. Nikmati pengalaman mobilitas anda di ibukota negara dan tuliskan cerita anda untuk mendukung kebiasaan memakai layanan transportasi publik. Jangan lupa siapkan e-money anda dan khusus para pria, hindari bus Scania berwarna pink saat hendak naik. Karena bus itu didedikasikan Pemprov DKI bagi kaum perempuan Jakarta. Selamat mencoba 

VIDEO PILIHAN