Mohon tunggu...
Semarkutiga Community
Semarkutiga Community Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas Kompasianer Jawa Tengah

Semarkutiga adalah komunitas kompasianer yang berdomisili di sekitar kota Semarang, Kudus, dan Salatiga. Ini adalah akun resmi komunitas yang telah disepakati oleh beberapa member dan digunakan untuk memposting berbagai event atau kegiatan. Selain media web, kami juga ada group Whatsapp sebagai media untuk saling bertegur sapa.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Duta Semarkutiga Community di Kompasianival 2019

23 November 2019   21:53 Diperbarui: 23 November 2019   22:46 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Event Kompasianival adalah ajang berkumpulnya para blogger Kompasiana yang digelar setiap tahun. Di event ini para Kompasianer dapat kumpul bersama dan kopi darat untuk saling menyapa dan ber-selfi ria di depan kamera. 

Sangat sayang dilewatkan bagi para Kompasianer yang berhalangan hadir. Dan pada kesempatan ini anggota dari Semarkutiga Community yang bisa hadir adalah Mbak Bekti, Bunsel, dan saya sendiri (Agung Budi Santoso).

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Kompasianival 2019 adalah event pertama saya untuk dapat berjumpa dengan para Kompasianer dari kota lain. Tahun-tahun sebelumnya saya tidak punya kesempatan untuk hadir, karena memang acara ini diselenggarakan di kota Jakarta. 

Mbak Maria Margaretha dan Mbak Willy Wijaya adalah Kompasianer yang sebelumnya pernah kopi darat di Semarang. Nah, saat ini saya memiliki kesempatan untuk berjumpa lagi di kota Jakarta. Selain itu saya juga sempat berkenalan dengan COO Kompasiana yang baru (Nurulloh).

Dari awal pembukaan saya sempat mengikuti sesi "How to build our personal branding" dengan pemateri Ivan Lanin dan Dita Soedarjo. Banyak ilmu yang bisa saya ambil dari sesi ini. 

Dan ada juga kosa kata bahasa Indonesia yang masih asing di telinga saya, yaitu "penjenamaan diri". Penjenamaan diri atau lazim dikenal sebagai personal branding dilontarkan oleh Bung Ivan Lanin dan katanya kosa kata itu sudah ada di KBBI. Kita sebagai warga negara Indonesia terkadang lebih suka memakai istilah bahasa asing dibanding dengan bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia. 

Sementara dari Dita Soedarjo memberikan kiat "lakukan apa yang kamu cinta" sebelum melakukan personal branding. Kita tidak perlu menjadi orang lain, jadilah diri kita sendiri. Langkah-langkah untuk personal branding di antaranya :

  • Cari tahu buku apa yang kita suka
  • Membuat jejaring
  • Membangun komunitas
  • Membuat hashtag
  • Jangan takut untuk bertanya
  • Jangan minder
  • Jangan lupa menjawab pertanyaan orang
  • Pakai media social lebih dari satu

Itulah sebagian ilmu yang bisa saya dapat dari sesi pertama, untuk selanjutnya di event Kompasinival 2019 yang diselenggarakan di One Bellpark Mall ini saya pakai untuk saling berkenalan dengan para Kompasianer lain. Saling berkunjung ke komunitas KPK (Kompasianer Penggila Kuliner), Komik (Komunitas Film Kompasiana), dan Commuter Line Community Kompasiana (CLICK).

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Ada banyak wajah baru Kompasianer yang belum saya kenal, ada pula Kompasianer lama yang berhalangan hadir. Karena di usia yang sudah 11 tahun ini, tentu jumlah blogger Kompasiana sudah tak dapat dihitung dengan jari lagi. Jumlahnya sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Inilah kesan saya menghadiri event Kompasianival 2019. Semoga saya masih diberi kesempatan untuk bisa hadir di tahun berikutnya. Salam Kompasiana dari Semarkutiga Community. Daagggg...........

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun