Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Pengajar yang rindu belajar. Hanya gemar memasak suka-suka serta membukukan karya dalam berbagai antologi. Sesekali memberi edukasi perawatan diri terutama bagi wanita.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Ketika Maag Kambuh, Kunyit Pilihan Pertamaku

3 Juni 2021   21:57 Diperbarui: 5 Juni 2021   05:01 663 46 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Maag-Kompas.com

Sakit mag bisa menjadi penghambat saat beraktivitas. Sakitnya di ulu hati, tetapi bisa menjalar hingga ke kepala. Tak jarang saya terpaksa tidak bisa duduk atau berdiri tegak karena sakitnya luar biasa. Akhirnya duduk atau berdiri agak membungkuk agar merasa lebih nyaman. Saat duduk tidak akan terlihat seperti sedang sakit. Akan tetapi, jika berjalan dengan posisi agak membungkuk, pasti akan menimbulkan tanya bagi orang-orang yang melihatnya. 

Pernah saya menahan sakit ketika bertamu. Sudah ditahan-tahan, ternyata tidak kuat juga. Akhirnya memberanikan diri meminta obat mag. Bahkan pernah juga karena merasa mual dan pusing luar biasa, akhirnya terpaksa menginap di rumah teman. Bersyukur pemilik rumah juga menderita mag, sehingga memahami kondisi yang tidak mengenakkan itu.

Awalnya saya berpikir sakit mag disebabkan karena makanan pedas dan asam. Memang saya pun pernah masuk rumah sakit karena makanan yang terlalu pedas dan asam.

Akan tetapi, ternyata mag dipicu juga oleh pikiran dan pola istirahat juga. Jadi, sakit mag tidak hanya disebabkan oleh makanan saja, tetapi ada faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Mengutip dari Alodokter, sakit mag disebabkan oleh tiga faktor, yaitu gaya hidup tidak sehat, gangguan pencernaan, dan faktor efek samping penggunaan obat-obatan.

Nah, sakit mag yang saya rasakan berawal dari gaya hidup tidak sehat. Di mana sakit ini mulai terlihat ketika duduk di bangku kuliah. Makan tidak teratur, pola tidur yang tidak baik, merasa stres ketika tidak mendapat bus (maklum yah, dahulu bus kuning di Jogja ada jam-jam khusus), suka mengonsumsi teh/ kopi sambil menemani belajar, dan sangat suka makanan pedas serta asam. 

Jika waktu dapat diputar kembali, rasanya ingin memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat itu. Akan tetapi, nasi sudah menjadi bubur. Anggap saja mag ini sebagai kawan, walaupun kadang menyiksa. Tetap berjuang dan mencari cara bagaimana bisa bebas dari sakit saat mag melanda.

Gejala Maag

Ciri Gejala Maag - Sumber: https://www.nakedpress.co/
Ciri Gejala Maag - Sumber: https://www.nakedpress.co/
Seorang yang menderita mag biasanya ditandai dengan kondisi tidak nyaman di perut atas. Kadang ada rasa perih di ulu hati. Jika sudah parah, bisa mual dan muntah berkali-kali. Ada kalanya penderita mag bersendawa berkali-kali seperti masuk angin. 

Melansir dari laman Hellosehat, mag merupakan berbagai keluhan sakit yang timbul karena gangguan pencernaan. Biasanya kondisi ini muncul ketika dinding lambung memproduksi asam lambung berlebihan atau terdapat luka pada lapisan lambung. Tak heran jika penderita mag akan merasakan kondisi tidak nyaman di area perut. 

Pada penderita mag akut, ada tanda lain yang menyertainya. Ada rasa terbakar atau panas dari perut yang menjalar hingga ke kerongkongan. Selain itu, ada rasa mudah kenyang setelah makan. Tanda lain yang perlu diwaspadai adalah menurunnya nafsu makan. Jika hal ini dibiarkan, pastinya akan mengganggu aktivitas.

Kunyit Pereda Maag

Dahulu, saya selalu menyiapkan obat mag tablet di tas. Suatu saat ketika sedang di perjalanan dan sakit, tinggal buka dan kunyah. Praktis bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan