Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Selvia Indrayani merupakan salah seorang pengajar di salah satu sekolah di ibu kota. Kegemarannya memasak dan menulis ditekuni sejak masih muda. Berbagai hasil tulisannya dibukukan ke dalam antalogi cerpen dan antalogi puisi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Koleksi: Antara Hobi atau Gengsi

5 Mei 2021   20:57 Diperbarui: 5 Mei 2021   20:59 313 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Koleksi: Antara Hobi atau Gengsi
Koleksi (dok. Indonesiamendesain)

Pernahkah membaca atau mengikuti acara televisi yang menampilkan para selebritis dengan koleksi barang mewahnya? Selalu saja ada pro dan kontra tentang hal tersebut. Berikut ini contoh beberapa komentar dari postingan Yuni Shara dengan tas Hermes yang tampil di laman Wolipop.

Yuni Shara dengan Koleksi dan Komentar Netizen (dok. Wolipop)
Yuni Shara dengan Koleksi dan Komentar Netizen (dok. Wolipop)

Inilah realita kehidupan. Koleksi seringkali diartikan sebagai sesuatu yang berlebihan. Padahal, tanpa disadari, usia kanak-kanak pun sudah sering melakukan koleksi. Misalnya saja boneka atau mobil-mobilan. Apakah koleksi tersebut termasuk barang mewah?

Koleksi sendiri memiliki arti sebagai suatu kegiatan mengumpulkan. Ada berbagai jenis koleksi yang ada, antara lain tas, sepatu, kendaraan antik, uang lama, perangko, tutup botol, buku, parfum, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

Setiap koleksi memiliki nilai berbeda. Bisa saja karena keunikannya, fungsi,  atau memiliki sejarah tertentu. Tak heran jika ada perkumpulan yang beranggotakan orang-orang yang memiliki hobi mengoleksi barang yang sama.

Menilik dari hobi mengoleksi barang, pastinya dibutuhkan upaya dan dana agar mendapatkan barang yang disuka. Sayangnya, tidak semua orang sebenarnya memiliki hobi mengoleksi. Ada juga yang tergabung dalam perkumpulan karena rasa gengsi.

Memang, ada rasa berbeda dan ekslusif ketika berada dalam satu komunitas yang memiliki hobi yang sama. Akan tetapi, jangan sampai hal ini hanya mengikuti trend belaka agar tidak dikatakan ketinggalan zaman.

Menanggapi komentar netizen ketika membaca atau melihat tayangan artis dengan koleksinya, rasanya kembali menilik diri sendiri. Kemampuan setiap orang berbeda-beda. Ada yang sudah bahagia bisa membeli tas di pasar atau online shop. Akan tetapi, ada pula yang baru bahagia jika bisa berburu tas ke luar negeri. Antara hobi dan gengsi kadangkala tersamar melalui barang-barang yang dikoleksi.

1. Menyikapi Koleksi sebagai Hobi

Hobi seringkali diartikan sebagai suatu kegemaran. Mengoleksi barang hanyalah salah satu contoh hobi. Hobi juga dapat tersalur melalui beberapa kegiatan seni, misalnya menari atau melukis. Kegiatan yang dilakukan di kala senggang dan menimbulkan rasa senang.

Mengoleksi barang memang menimbulkan rasa senang. Seorang anak yang memiliki berbagai koleksi mainan, bisa puas bereksplorasi dengan koleksinya. Seperti itulah kira-kira perasaan koleksi barang sebagai hobi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN