Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Selvia Indrayani merupakan salah seorang pengajar di salah satu sekolah di ibu kota. Kegemarannya memasak dan menulis ditekuni sejak masih muda. Berbagai hasil tulisannya dibukukan ke dalam antalogi cerpen dan antalogi puisi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Buka Puasa Bersama yang Terkenang

19 April 2021   21:55 Diperbarui: 19 April 2021   22:28 264 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buka Puasa Bersama yang Terkenang
Dok. SDK 6 Penabur- Buka Bersama 2019

Pandemi mengukir banyak kisah kehidupan umat manusia. Ada yang bertahan dalam pekerjaan, namun  ada pula yang terpaksa harus berhenti bekerja. Apa pun yang terjadi, intinya manusia harus tetap berusaha demi kelangsungan hidupnya.

Tahun ini terasa berbeda bagi kompleks Penabur Kelapa Gading. Di kompleks ini terdiri atas TKK 6, SDK 6, SMPK 4, dan SMAK 5 Penabur. Selama pandemi, para siswa melakukan pembelajaran secara daring. Sekolah yang semula ramai menjadi sepi. Para satpam dan petugas cleaning service juga tidak dapat menjalankan peran seperti sebelum masa pandemi.  

Hidup dalam keberagaman dan saling menghargai memberikan kepuasan dalam hati. Setiap tahun selalu ada acara buka bersama bagi satpam dan petugas cleaning service. Ini adalah sebuah bentuk pengamalan dari kasih yang menjadi landasan bagi sekolah Kristen.

Acara buka bersama biasanya dilakukan satu minggu menjelang hari raya Idul Fitri. Akan tetapi, waktu pelaksanaan buka bersama bisa berubah setiap tahun sesuai dengan keadaan.  Kegiatan ini dipersembahkan untuk para satpam dan petugas cleaning service sebagai tanda kasih dan persaudaraan karena sangat mendukung pelayanan di sekolah.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Terdapat pula pengurus, wali penghubung, beberapa guru, dan beberapa siswa SMA yang menjadi perwakilan untuk mengikuti kegiatan buka bersama

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, acara dibuka dengan sambutan dari pengurus Penabur atau wali penghubung dan kepala sekolah. Saat waktu berbuka tiba, satu per satu menuju meja makan untuk menikmati santapan yang telah disediakan. Secara bergiliran dan penuh suasana kekeluargaan, satu per satu menuju meja makan dan mengambil menu yang tersedia. Acara makan dilakukan secara prasmanan, sehingga siapa pun bebas mengambil menu sesuai dengan seleranya.

Selama menikmati santapan, canda dan tawa membuat suasana makin akrab. Suasana kekeluargaan benar-benar terjalin. Perbedaan yang ada justru menyatukan dan saling melengkapi.

Kegiatan buka bersama biasanya diakhiri dengan pemberian bingkisan Idul Fitri. Pastinya ada pula kegiatan foto bersama untuk mengabadikan momen yang penuh suasana kekeluargaan.

Ternyata tahun 2019 merupakan buka puasa bersama yang terakhir dengan para satpam dan petugas cleaning service sebelum pandemi terjadi. Sebelum ada yang harus pindah tugas dan tidak di kompleks Kelapa Gading lagi. Walaupun pekerjaan sudah tidak di satu tempat lagi, namun kebersamaan yang pernah terjalin tetap di hati.

Dok. SDK 6 Penabur - Buka Bersama 2019
Dok. SDK 6 Penabur - Buka Bersama 2019
Salah seorang satpam yang pernah bertugas di SD, bernama Mbak Indri mengungkapkan rasa kangen dengan suasana sekolah. Canda tawa anak-anak rasanya selalu terngiang. Kangen saat menolong membuka pintu mobil bagi anak-anak, terlebih saat hujan turun. Baju atau celana yang basah bukanlah halangannya. Hati rasanya puas jika melihat anak-anak tidak basah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN