Mohon tunggu...
Selvi Melissa
Selvi Melissa Mohon Tunggu... Guru - GURU SMP Negeri 2 Pemali

Listening to music is my hobby.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Jadi Makin Asyik dengan Educaplay

26 November 2022   20:19 Diperbarui: 26 November 2022   20:43 1489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kreativitas merupakan tuntutan yang ditujukan pada guru saat ini dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa tidak mudah merasa bosan ketika belajar. Oleh karena itu, guru memerlukan media pembelajaran yang menarik agar pembelajaran menjadi menyenangkan.

Sekarang ini, banyak sekali platform online yang menawarkan aktivitas-aktivitas yang bisa mengemas kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah Educaplay. Educaplay merupakan aplikasi yang memuat banyak permainan edukatif. Ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi kejenuhan dalam belajar.

            Adapun beberapa jenis permainan edukatif yang tersedia dalam aplikasi ini.

  • Froggy Jumps (Permainan Lompat Katak)
    Pemain dapat membantu katak melompat ke tempat yang aman untuk menuju daratan dengan memilih jawaban yang benar. Jika tidak, katak tersebut akan jatuh ke dalam air dan pemain dinyatakan kalah. Jenis soal yang digunakan untuk membuat permainan ini adalah pilihan ganda.

  • Unscramble Letters Game
    Permainan ini dapat mengasah kemampuan anagram yaitu kemampuan menyusun atau mengolah kata. Ini bisa membantu siswa dalam memperkaya kosa kata dengan cara yang asyik.

  • Unscramble Words Game
    Jika dalam permainan Unscramble Letters huruf acak harus disusun menjadi kata yang tepat, maka pada permainan Unscramble words, siswa harus menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar.

  • Crossword Puzzle
    Pada permainan ini, siswa harus mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak dengan huruf-huruf yang benar sehingga membentuk kata yang sesuai dengan petunjuk. Kita bisa menggunakan petunjuk berbentuk teks, foto ataupun audio.

  • Words Search Puzzle
    Permainan ini mewajibkan siswa untuk mencari kata yang tersembunyi. Manfaat permainan ini yaitu dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah.

  • ABC Game
    Bentuk permainan ini adalah permainan huruf (A-Z) yang disusun berbentuk lingkaran, dan setiap huruf akan diberi pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa.

  • Memory Game
    Permainan ini dilakukan dengan mengumpulkan kartu yang berpasangan. Siswa bisa memasangkan kartu yang tertera berdasarkan jenis dan letaknya. Setiap kartu bisa berisikan gambar, teks ataupun audio. Permainan ini dapat memberdayakan daya ingat siswa.

  • Quiz
    Guru bisa membuat kuis melalui permainan Quiz ini dengan menggunakan file berbentuk teks ataupun multimedia. Bentuk soalnya bisa berupa pilihan ganda dan jawaban singkat.

  • Matching Column Game
    Siswa dapat mencocokan setiap elemen yang ada di dua kolom yang berbeda sesuai dengan pasangannya.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun