Mohon tunggu...
Selsa
Selsa Mohon Tunggu... blogger

aku wanita biasa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berbelanja dan Berbuka Bersama Anak Yatim

26 Mei 2019   07:20 Diperbarui: 26 Mei 2019   08:40 79 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbelanja dan Berbuka Bersama Anak Yatim
ilustarsi gambar selsa

Berbuat kebaikan (baca berbagi) mempunyai banyak cara yang bisa dipilih sesuai kemampuan kita. Termasuk berbagi rejeki dengan anak yatim di bulan penuh berkah ini.

Sesuai dengan Firman  Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam QS An Nissa 4:27 "Dan (kamu pun diwajibkan) supaya mengurus (hak dan keperluan) anak-anak yatim dengan adil". Atau dalam QS Al Baqoroh 2:220 "Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, "Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu."

Maka teman-teman yang bergabung dalam Komunitas Kecanduan Sedekah Temanggung mengumpulkan beberapa anak yatim untuk diajak berbuka bersama di salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Temanggung.

Kali ini Komunitas Kecanduan Sedekah Temanggung bisa mengumpulkan 30 anak yatim untuk diajak berbuka bersama dan juga berbelanja keperluan lebaran. Ke 30 anak yatim dari beberapa wilayah di Temanggung ini dibebaskan untuk membelanjakan uang senilai Rp 300.000 sesuai kebutuhan mereka. Satu anak yatim, dengan satu pendamping pun memburu lapak baju dan sepatu yang berada di lantai dua mall tersebut tepat pada pukul 14:00 wib. Mereka terlihat bahagia, meski beberapa anak ada yang terlihat ngambek karena tidak sabar memilih dan mencoba barang yang jadi pilihannya. Maklum karena usia mereka masih sangat kecil, sekitar 5 sampai 12 tahun. Uang Rp 300.000 itu misalkan sisa maka menjadi milik anak yatim tersebut. Dalam artian uang sebesar itu sudah menjadi hak masing-masing anak yatim.

Bukan untuk mengajarkan anak konsumtif, jika mereka pun diminta membayar sendiri apa yang mereka bali, namun ini diharapkan menjadi pendidikan jual beli bagi mereka-dokpri
Bukan untuk mengajarkan anak konsumtif, jika mereka pun diminta membayar sendiri apa yang mereka bali, namun ini diharapkan menjadi pendidikan jual beli bagi mereka-dokpri

Para pendamping mereka yang juga merupakan anggota Komunitas Kencanduan Sedekah Temanggung dengan sabar mendampingi anak-anak yatim ini. Berharap mereka bisa menikmati dan memilih barang yang memang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Waktu 2 jam yang disediakan panitia terasa sangat cepat berlalu, acara belanja pun  usai sudah. Dilanjutkan acara santai pukul 16:00 wib dengan games dan dongeng dari Komunitas Dongeng Temanggung, yang sore itu diwakili oleh Kak Leli dan Kak Zuli

dokpri
dokpri

Hingga tiba saat berbuka, mereka makan bersama dalam suasana yang sangat akrab dan bahagia. Terlihat pancaran bahagia di wajah ke 30 anak yatim ini. Mungkin mereka sudah tidak sabar ingin menceritakan pengalaman ini pada ibu atau sanak saudaranya di rumah.

Acara ini memang baru pertama kali diadakan oleh Komunitas Kecanduan Sedekah Temanggung yang dimotori oleh Ika Widyasari, Indah, Burhan Widiantoro, Dini Rahmawati dan Wulan dan kawan-kawannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN