Selsa
Selsa ibu rumah tangga

aku wanita biasa

Selanjutnya

Tutup

Wisata highlight

Bebersih Curug, Langkah Awal Laskar Bersenyum Mengangkat Wisata Temanggung

10 Oktober 2017   12:47 Diperbarui: 10 Oktober 2017   13:48 472 5 3
Bebersih Curug, Langkah Awal Laskar Bersenyum Mengangkat Wisata Temanggung
para Laskar Bersenyum yang akan memulai aksinya

Temanggung, sebagai tempat dengan sejuta pesona alamnya, selama ini belumlah terekspos dengan baik. Banyak yang belum tahu keberadaan salah satu daerah sejuk di kaki 3 gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau ini. Padahal secara geografis Temanggung sangat strategis karena menjadi jalan utama jalur tengah propinsi Jawa Tengah. Alamnya yang cantik dan cuacanya yang sejuk harusnya bisa menjadi destinasi wisata yang menjanjikan.  

Bermula dari keprihatinan bahwa  wisata di Temanggung belum banyak dilirik wisatawan, maka sekumpulan  relawan yang tergabung dalam komunitas Laskar Bersenyum (LB), melakukan aksi  awal dengan membersihkan salah satu obyek wisata air terjun dari sampah-sampah anorganik yang mengganggu keindahan dan kenyamanan.

Dan obyek wisata Curug Titang adalah langkah pertama acara bebersih yang digawangi para relawan LB, untuk melakukan aksi pertamanya. Acara bebersih tidak hanya dilakukan oleh Relawan LB, namun dari pihak pecinta alam berbagai Sekolah Lanjutan Atas pun dengan senang hati mendaftar turut sebagai peserta Bebersih. 

Tercatat 150 personil dari OLH SMK Negeri 2 Temanggung, Pecinta Lingkungan Hidup SMA N 2 Temanggung, Pumapala SMK 1 Temanggung, KPLH SMK 1 Temanggung, SAKA Kalpataru Temanggung, Pecinta Lingkungan Hidup SMA N 1 Temanggung, dan Basecamp Kompas Bansari Temanggung, yang ikut serta berpartisipasi membersihkan Curug Titang dari sampah-sampah plastik dan ranting-ranting pohon.

Mengapa langkah awal adalah bebersih Curug Titang? 

Selain untuk meng-edukasi warga bahwa sungai/kali bukanlah tempat sampah, juga untuk menarik minat para pelancong baik lokal maupun luar daerah, syukur-syukur manca negara untuk berwaisata ke curug yang masuk dalam wilayah Kecamatan Temanggung itu. Airnya yang jernih, dan tingkat kesulitan yang kecil untuk menjangkaunya menjadi pilihan pertama mengawali aksi cinta wisata dari para anggota LB ini. 

Adapun langkah selanjutanya seperti penghijauan daerah yang berpotensi wisata ataupun mengenalkan waisata desa yang selama ini belum terekspos adalah PR bagi para relawan LB. Banyak agenda yang sudah direncanakan demi mengangkat wisata desa baik untuk obyek wisatanya maupun untuk hasil bumi Temanggung.
Seperti kita ketahui bersama Temanggung terkenal dengan Tembakaunya yang no 1 di Indonesia, belum hasil kopi yang beberapa kali mendapatkan nilai tertinggi dalam ajang festival kopi antar negara-negara di dunia, dan kini muncul bawang putih dan merah yang kualitasnya masuk dalam daftar terbaik di negeri ini.

para pelajar dari berbagai sekolah lanjutan atas di Temanggung yang antusias turut berpartisipasi di acara Bebersih Curug Titang
para pelajar dari berbagai sekolah lanjutan atas di Temanggung yang antusias turut berpartisipasi di acara Bebersih Curug Titang
berjalan sambil memunguti sampah anorganik
berjalan sambil memunguti sampah anorganik
para relawan, bersama sebagian sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan
para relawan, bersama sebagian sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan
Curug Titang yang memesonakan mata
Curug Titang yang memesonakan mata
So... bagi yang ingin berwisata sambil menikmati enaknya kopi, Temanggung merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan.

***

ilustrasi gambar : dokumen pribadi dan dokumen Laskar Bersenyum