Mohon tunggu...
Selly Fitriyani Wahyu
Selly Fitriyani Wahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Student of Padjajaran University

A journalism undergraduate student who is interested in the creative industry and education matters. She does her best to any projects or work that involves her. Her vision is to raise education awareness and support others to achieve their dreams. She believes her ability to collaborate creativity, human resources, and social media optimization can make her visions come true in every little step.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review 'Suzume', Perjalanan Pulih dari Trauma Bencana

18 Maret 2023   08:00 Diperbarui: 18 Maret 2023   08:00 714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster Film Suzume No Tojimari (imdb) 

"Suzume" tak hanya mengisahkan soal bencana, tetapi juga proses pulih dari rasa trauma ditinggalkan.

Ramai diperbincangkan di media sosial, ulasan yang ditinggalkan warganet di berbagai platform lantas berhasil menggugah 400.000 penonton untuk menyaksikan karya terbaru Makoto Shinkai tersebut. Masih dengan mengusung formula yang sama perihal alam, Suzume masih menjadi opsi segar untuk ditonton bersama keluarga, teman, juga orang terkasih.

Setelah sebelumnya sukses dengan membawakan Your Name (2016) dan Weathering with You (2019), Makoto Shinkai kini kembali dengan menyuguhkan karya masterpiece lainnya.

Telah lama tayang di Jepang sejak 11 November 2022 lalu, Indonesia baru berkesempatan menyaksikannya di layar lebar pada 8 Maret 2023. Kolaborasi Makoto Shinkai dengan Radwimps sebagai pengisi OST selalu menjadi paduan yang serasi.    

Soal visual, Makoto Shinkai tidak perlu diragukan lagi. Ia tidak pernah gagal dalam menyajikan visual yang memanjakan mata penonton. Terbukti dari menit pertama, penonton sudah dibuat menganga takjub.

Menyinggung peristiwa tsunami Tohoku yang terjadi pada 12 tahun lalu, 11 Maret dinilai menjadi tanggal yang paling pas untuk menonton Suzume.  

Perjalanan Mencari "Pintu"

Poster Film Suzume No Tojimari (imdb)  
Poster Film Suzume No Tojimari (imdb)  
Mengisahkan sosok Suzume yang tidak sengaja bertemu Souta, keduanya lantas menjalankan misi "mencari pintu". Namun, tak akan seru jika tak ada konflik yang dihadirkan. Suzume yang tidak sengaja telah melepas "kunci" penjaga, menjadi awal terbukanya pintu bagi "cacing" yang mengancam Jepang.

Daijin, kucing penjaga yang terlepas, kemudian mengutuk Souta menjadi kursi. Perjalanan Suzume dan Souta tidaklah mudah, tetapi pada akhirnya semua terlewati dengan ending yang memuaskan.

Suzume, bukan hanya sekadar menyoal penyelamatan Jepang melalui "pintu". Adanya kilas kenangan yang kerap dimunculkan di setiap pintu kian menambah kesan dilematis ingatan para korban bencana sebelum hal itu terjadi.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun