Mohon tunggu...
Sella Safirah
Sella Safirah Mohon Tunggu... mahasiswa

PIAUD IAIN Jember angkatan2018

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan

15 Desember 2019   03:52 Diperbarui: 15 Desember 2019   04:05 44 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian filsafat dari bahasa yunani yaitu philosophia dari kata "philos" yang artinya cinta, dan "shopos" yang artinya kebijaksanaan atau pengetahuan. filsafat ilmu adalah ilmu yang mengkaji dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiyah serta mencoba menemukan upaya pentinya ilimyah secara keseluruhan. ilmu secara istilah ialah mengetahui sesuatu secara hakiki.

Adapun manfaat filsafat ilmu yaitu: 1. berfikir radikal 2. melatih berfikir reflektif di dalam lingkup ilmu 3. menghindarkan diri dari memutlakkan kebenaran ilmu 4. menghindarkan sifat egoisme ilmiah

Dalam ilmu pendidikan ilmu filsafat menempati posisi secara analog dengan ilmu pengetahuan yang lain dalam mengajukan permasalahan dengan bentuk pertanyaan. pada dasarnya filsafat ilmu ini merupakan berkaitan dengan objek apa yang ditelaah oleh ilmu atau ontologi, bagaimana proses pendapatan ilmu atau epintemologi dan bagaimana manfaat ilmu yang disebut aksiologi. 

Adapun masalah-masalah dalam filsafat ilmu pada dasarnya menunjukan topik-topik kajian yang masuk dalam lingkup filsafat ilmu pendidikan yaitu: 1. masalah-masalah metafisis 2. masalah-masalah epistemologis 3. masalah-masalah metodologis 4. masalah-masalah logis 5. masalah-masalah etis 6. masalah-masalah tentang estetika.

Jadi, penjelasan diatas ialah filsafat berusaha berfikir guna mencapai kebenaran dan kebaikan, berjalanya zaman ilmu berpisah dengan induknya yaitu filsafat.

kelompok 9 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x