Mohon tunggu...
Sella Monika
Sella Monika Mohon Tunggu... Mahasiswi UNS

Mahasiswi KKN UNS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Di Tengah Pandemi COVID-19, Mahasiswa UNS Tetap Langsungkan KKN

5 Agustus 2020   22:55 Diperbarui: 5 Agustus 2020   23:12 11 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan salah satu dari berbagai bidang yang mendapat dampak negatif dari pandemi virus Covid-19. Adanya pandemi virus Covid-19 ini mengakibatkan seluruh jenjang pendidikan harus diliburkan dan mengganti pembelajaran menjadi berbasis daring. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga mendapat dampak pada masa pandemi ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa ini, kali ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan KKN di masa pandemi Covid-19 ini. Kegiatan KKN pada masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara individu dan bertempat di domisili mahasiswa saat ini. KKN masa Covid-19 yang dilaksanakan UNS ini bertujuan untuk pengabdian terhadap masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dimiliki mahasiswa.

Eva Febriana Puspitasari mahasiswi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) menjadi salah satu peserta KKN masa Covid-19 UNS yang melaksanakan kegiatan KKN di Dukuh Benowo RT.02/RW.10, Karanglor, Manyaran, Wonogiri. Salah satu kegiatan KKN yang dilakukan adalah membuat forum belajar untuk anak-anak di dukuh Benowo RT.02/RW.10, Karanglor, Manyaran, Wonogiri. 

Kegiatan Forum Belajar ini ditujukan untuk membantu anak-anak usia Sekolah Dasar dalam belajar selama masa pandemi Covid-19. Selain membantu anak dalam memahami materi pembelajaran yang belum mereka pahami, Forum Belajar ini juga menjadi sarana anak dalam membunuh rasa bosan dan kesepian selama masa pandemi Covid-19.

Selain Forum Belajar, kegiatan lain yang dilakukan adalah membuat video edukasi. Video edukasi ini ditujukan untuk anak-anak usia dini mulai dari KB hingga TK. Video edukasi ini bertujuan untuk membantu pembelajaran KB maupun TK selama masa pandemi Covid-19 ini yang berlangsung secara daring. 

Selain dapat membantu guru memberikan materi belajar di masa pandemi Covid-19, video edukasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah anak memahami materi belajar. Video edukasi ini bekerjasama dengan salah satu mahasiswi PG-PAUD 2017, Sella Monika. Video edukasi ini diunggah di channel YouTube Edu Child.

Kegiatan lainnya adalah membuat poster mengenai Covid-19 yang dipublikasikan melalui media sosial maupun dalam bentuk cetak dan dipasang di tempat-tempat umum, seperti di pos ronda dan toko. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai Covid-19 melalui poster cetak maupun digital. Kegiatan KKN masa COVID-19 tahap III ini berlangsung mulai tanggal 2 Juni-17 Juli 2020.

VIDEO PILIHAN