Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Benarkah Malam Ini Malam Lailatul Qadar?

6 Mei 2021   23:00 Diperbarui: 6 Mei 2021   23:25 562 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Malam Ini Malam Lailatul Qadar?
Ilustrasi amalan terbaik 10 malam terakhir Ramadan (sumber askarkauny.com)

Waktu 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah waktu penting bagi umat Islam. Diyakini pada 10 hari terakhir bulan Ramadan ada malam lailatul qadar yaitu suatu malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam yang istimewa dan penuh keutamaan. 

Hari ini di WA saya ada pendapat yang mengatakan bahwa jika malam Jumat bertepatan dengan malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadan, benarkah itu pertanda bahwa malam ini adalah malam lailatul qadar?

Dari Ibnu Hubairah ra, beliau berkata, "Jika malam ganjil (dari sepuluh hari terakhir Ramaan) jatuh pada malam Jum'at, maka itu lebih diharapkan (sebagai malam lailatul qadar) daripada malam selainnya." (Lathaiful Ma'arif karya Ibnu Rajab al-Hambali 203)

Hari ini, Kamis 6 Mei 2021 (malam Jumat), bertepatan dengan malam ganjil ke-25 Ramadan. Apakah benar malam ini adalah malam lailatul qadar?

Mari kita simak ulasan dari berbagai sumber berikut ini.

1. Keutamaan malam Lailatul Qadar 

Cukuplah untuk mengetahui tingginya kedudukan lailatul qadar dengan mengetahui bahwasanya malam itu lebih baik dari seribu bulan.

Allah berfirman, "Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Quran pada malam lailatul qadar. Tahukah engkau apakah malam lailatul qadar itu? Malam lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar" [QS Al-Qadar 1-5] 

Dan pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. 

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." [QS Ad Dukhan 3-6]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x