Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bukber Virtual, Solusi di Masa Pandemi

25 April 2021   02:02 Diperbarui: 25 April 2021   04:25 566 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukber Virtual, Solusi di Masa Pandemi
dokumentasi pribadi

"Nikmatilah kebersamaan, sebelum semuanya hanya menjadi sebuah kenangan."

Masih seperti tahun lalu, suasana Ramadan tahun ini kita lewati di tengah pandemi covid-19. Ada beberapa momen yang hilang, salah satunya adalah buka puasa bersama atau bukber. Bukber menjadi momen yang ditunggu-tunggu, apalagi bukber dengan keluarga besar dan teman-teman lama, teman kuliah, teman sekolah dan teman masa kecil. Teman yang tahu perjalanan hidup kita, teman seperjuangan dengan segala cerita lucu dan kekonyolannya. 

Mengapa bukber jadi momen yang ditunggu-tunggu?

Hampir semua orang rindu bertemu dengan lingkungan lama yang pernah akrab dan menyenangkan. Karena itulah bukber sangat diminati di bulan Ramadan. Bertemu dengan keluarga besar, teman-teman SMA, bercerita tentang semua kisah yang pernah dilewati bersama, membuat suasana hati menjadi gembira dan serasa masih seperti anak SMA lagi. Hehehe adakah yang merasa demikian?

Saat bertemu teman SMA serasa masih SMA, saat bertemu teman kuliah, serasa masih kuliah. Rasanya bahagia dan senang bertemu dan mendengar kabar teman-teman kita, setelah lama terpisah.

Selain itu sebagai makhluk sosial, sudah nalurinya kita senang berinteraksi dengan lingkungan yang membuat kita nyaman. Berkumpul dengan keluarga besar dan teman-teman adalah momen yang dirindukan, apalagi bila sudah lama tidak bertemu karena alasan kesibukan masing-masing.

Berkumpul dalam acara bukber akan semakin akrab bila kita membawa hasil masakan masing-masing. Biasanya tiap orang punya masakan andalan yang dirindukan teman-temannya.

Ah tak perlu juga membawa masakan atau apapun, yang penting datang saja sudah cukup membahagiakan!  

Begitulah, berkumpul dalam acara bukber menjadi momen yang ditunggu-tunggu, kita bisa bercerita dan melepas kerinduan, bercanda dan tertawa bersama! 

Tapi pandemi ini membuat kita harus ketat menjaga protokol 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumumnan dan mengurangi mobilisasi. Semua dilakukan untuk menjaga diri dari penularan virus covid-19. Banyak acara yang dilarang karena bisa memunculkan klaster baru. Bukber termasuk kegiatan yang dilarang diadakan di bulan Ramadan ini. Kegiatan berkumpul dan makan bersama sangat tinggi potensi penularannya.

Untuk menyiasati itu semua, sekarang ini sedang trending acara bukber virtual. Ya, bukber virtual menjadi solusi di masa pandemi, demi alasan kesehatan dan kebaikan bagi semuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN