Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

8 Lagu Religi yang Memperkaya Hati

22 April 2021   16:20 Diperbarui: 22 April 2021   16:27 340 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Lagu Religi yang Memperkaya Hati
dokpri. gambar: matabaraja.com

Ada banyak hal yang bisa membawa kita pada kenangan Ramadan, salah satunya adalah lagu. Lirik yang menyentuh, diiring dengan alunan nada yang lembut, mampu meningkatkan rasa syukur dan keimanan kita, serta membuat hati merasa tenang.

Dalam sebuah studi yang dilansir Medical News Today, peneliti dari McGill University di Kanada mengungkapkan bahwa musik bisa mengaktifkan pusat penghargaan (reward center) otak. Hal ini berguna untuk otak, karena memberikan motivasi yang cukup bagi otak untuk mempelajari informasi baru.  

Selain itu, musik juga memengaruhi kinerja fokus otak. Musik yang disukai dapat membantu meningkatkan fokus. 

Teresa Lesiuk, asisten profesor program terapi musik di University of Miami, menemukan bahwa partisipan yang mendengarkan musik yang mereka sukai dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. “Selain itu, ide-ide mereka juga lebih cemerlang ketimbang orang yang tidak mendengarkan musik sambil bekerja, karena musik dapat meningkatkan suasana hati,” katanya, seperti dikutip dari The Conversation.

Wah, bagus juga kita menyiapkan menu berbuka puasa sambil mendengarkan tilawah atau musik religi yang disukai, supaya lebih cepat matang masakannya dan memperkaya suasana hati. Insyaa Allah makanan akan lebih enak rasanya, bila dimasak dengan hati yang bahagia.

Menurut pengalaman saya, lagu dan musik juga bisa menjadi sarana mengakrabkan dan sebagai pencair suasana. Saya masih ingat, saat pertemuan keluaga besar, sering oom saya bermain musik dan kami akan menyanyi bersama, biasanya kami menyanyikan lagu religi dan lagu lainnya. Jangan tanyakan kualitas suara, sudah menduduki peringkat ke sekian. Semakin fals suara dan nada yang tak jelas, semakin meriah sambutan yang didapat dari anggota keluarga lainnya. Hehehe ... rasanya senang mengenang suasana itu, terasa makin akrab dan dekat dengan menyanyi bersama. Sudah beberapa tahun saya tidak mudik, ah mendadak jadi merasa rindu!

Baiklah, untuk mengobati kerinduan saya, berikut ini adalah lagu-lagu yang sering kami nyanyikan bersama. Semoga juga bisa mengobati kerinduan Pembaca!

1. Insyaa Allah - Maher Zein feat Fadly "Padi"


Lirik lagu ini mengingatkan bahwa kita tidak sendirian, ada Allah yang selalu bersama kita, mendengar doa-doa dan pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita. 

2. Para Pencari-Mu - Ungu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN