Mohon tunggu...
Selfya Rusdyanti Dewi
Selfya Rusdyanti Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

KKN Tematik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Digitalisasi Marketing dalam Penguatan UMKM Kerajinan di Era New Normal Desa Plunturan Kabupaten Ponorogo

23 Juli 2022   15:41 Diperbarui: 27 Juli 2022   20:17 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ponorogo, 20 Juli 2022, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Desa Plunturan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Dengan dibimbing oleh Muhammad Roisul Basyar, S.AP., M.KP.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan skala usaha yang dinamis dan memiliki daya responsif, fleksibilitas, dan adaptasi yang tinggi terhadap perubahan teknologi dan pasar. UMKM memiliki peran penting dalam kehidupan perekonomian masyarakat, karena UMKM merupakan usaha yang konsisten dan mampu untuk berkembang.

Media sosial sebagai salah satu media digital yang dapat memasarkan produk secara online. Perkembangan media sosial sangat pesat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lebih mudah dan efisien serta memiliki akses tanpa batas.  Keunggulan tersebut menunjukkan bahwa teknologi digital memiliki peran yang sangat penting untuk mempermudah akses dalam menjalankan bisnis.

Di masa era new normal ini digitalisasi marketing dalam penguatan UMKM sangat diperlukan dalam memulihkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Plunturan, secara perlahan setelah pandemi Covid-19. Melalui program KKN-T ini,  divisi UMKM kerajinan memberikan motivasi kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan marketing berbasis digital. Karena dengan marketing berbasis digital menjadi salah satu kunci dalam mengoptimalkan usaha terutama pada sektor UMKM.

Dalam rangka memfasilitasi UMKM terkait digitalisasi penguatan marketing, maka perlu dibentuk grup media sosial (Whatsapp dan Instagram) bagi para pelaku UMKM yang telah terdaftar sebagai sarana untuk memperluas jaringan UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Dengan digitalisasi marketing akan mempermudah pelaku UMKM untuk dapat menjangkau pangsa pasar dan konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun