Mohon tunggu...
Adi
Adi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Indonesia

Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mengoptimalkan Bisnis Online dengan Internetnya Indonesia

17 Juli 2022   06:26 Diperbarui: 17 Juli 2022   06:29 229 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Kerja Online (dok.pribadi)

Internet menjadi kebutuhan di era saat ini. Untuk sekolah, bekerja, jual beli barang, bersosial media, hingga bersantai dengan nonton film atau mendengarkan musik. Internet sudah menjadi sesuatu yang penting bagi hidup kita, bahkan sudah menjadi bagian kita sehari-hari.

Terlebih sejak fenomena covid-19 belakangan ini. Internet menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Semula pekerjaan yang tidak dilakukan dengan online, beranjak berkembang menjadi online. Hal ini karena di berbagai tempat dilakukan pembatasan pertemuan atau tatap muka.

Ini tentu mempengaruhi pola kehidupan di masyarakat, semula bisa bertatap muka atau bertemu langsung harus dilakukan dengan jarak jauh. Perubahan ini mau tidak mau harus dilakukan demi menjaga kesehatan bersama.

Maka kita bisa lihat perubahan banyak sekali aplikasi online yang mulai laris dipakai masyarakat. Rapat yang biasanya harus bertemu, maka juga dipaksa harus dilakukan secara daring. Sebagian orang memang dipaksa menjalani adaptasi baru. Bekerja, sekolah hingga belanja kebutuhan sehari-hari dilakukan secara daring.

Data Perilaku Pengguna Internet Indonesia Periode 2021 hingga Kuartal I-2022.(dok.APJII)
Data Perilaku Pengguna Internet Indonesia Periode 2021 hingga Kuartal I-2022.(dok.APJII)

Menurut data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pengguna internet di Indonesia pada awal 2022 ini dilaporkan mencapai 210 juta jiwa. Ini merupakan jumlah yang cukup besar, kalau kita lihat total jumlah penduduk Indonesia saat ini diestimasikan mencapai 272,68 juta jiwa pada tahun 2021. Jadi angka penetrasi internet di Indonesia pada periode 2021 hingga kuartal I-2022 ini mencapai 77,02 persen dari jumlah penduduk. Jumlah yang cukup fantastis.

Berdasarkan data tersebut jumlah ini, mayoritas pengguna mengakses internet lewat ponsel untuk membuka media sosial. Tentu dapat kita pahami, adanya pembatasan interaksi langsung menjadikan banyak orang memilih akses internet lewat ponsel menjadi pilihannya. Selain itu media sosial menjadi cara bersosialisasi di era perkembangan teknologi ini.

Data lain yang cukup menarik adalah perkembangan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Cukup dengan pomsel pintar yang dimiliki sudah bisa belanja memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apa yang dibutuhkan akan datang ke tempat kita inginkan. Seakan dunia dalam genggaman.

Data juga menunjukkan perilaku masyarakat dalam berbelanja lewat internet yang cukup tinggi. Ini bisa dilihat data pengunjung marketplace yang terus meningkat.

Nilai Perkembangan Pasar Online di Indonesia (dok.global data)
Nilai Perkembangan Pasar Online di Indonesia (dok.global data)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan