Mohon tunggu...
Selamet HARIADI
Selamet HARIADI Mohon Tunggu... Indonesia

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sup, Makanan Bernutrisi Tinggi

29 Februari 2020   06:50 Diperbarui: 29 Februari 2020   06:54 25 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sup, Makanan Bernutrisi Tinggi
Sup, Makanan Bernutrisi Tinggi (dok. pribadi)

Februari dikenal sebagian orang dengan hari valentine-nya, ada yang mengenal keindahan bulan ini dengan sekotak cokelat. Selain itu, Bulan ini juga diiringi dengan berita hujan di beragam tempat. Bahkan ada banjir di sebagian tempat di Indonesia. Hujan yang identic dengan dingin, tentunya perlu makanan yang menghangatkan tubuh.

Pernah makan Sup? Ehm... Tentunya ini akan jadi pilihan yang yang tepat saat musim hujan seperti ini. Udara yang dingin dengan perut lapar tentunya akan pas jika mendapat asupan makanan yang hangat seperti Sup.

Sup (dok. pribadi)
Sup (dok. pribadi)
Kandungan Nutrisi yang TInggi

Ehm... ada beragam jenis sup ya... Namun kita bahan ini adalah semangkuk sup biasanya berisi aneka jenis sayuran yang mudah dicerna bagi tubuh kita. Sayuran itu seperti wortel, buncis, daun seledri, kentang, kacang merah, dan lain sebagainya. Tentu masih banyak varian sayuran lainnya yang bisa dijadikan sebagai isinya. Terbayang ya, banyak sayuran dalam sebuah hidangan makanan.

Nah, selain sayuran di atas tadi ada juga ada potongan daging sapi atau ayam. Kadang pula irisan pentol atau sosis. Nikmatnya... tentu sesuai selera atau racikan pembuatnya. Semua bahan-bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta baik bagi tubuh kita.

Nutrisi sendiri dibutuhkan tubuh untuk sistem tubuh, pertumbuhan dan memelihara kesehatan. Ada 2 jenis nutrisi, Mikronutrisi dan Makronutrisi. Senyawa yang dapat dikategorikan sebagai Mikronutrisi, yaitu vitamin, mineral dan air. Lalu Senyawa yang dapat dikategorikan sebagai Makronutrisi yakni karbohidrat, protein dan lemak.

Isi yang ada di dalam Sup mengandung nutrisi yang tinggi. Seperti Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium hingga sodium.

wortel (dok. pixabay)
wortel (dok. pixabay)
Nah, ini masih hanya wortel lho ya... kandungan nutrisi untuk yang lainnya tentu baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sebut saja kandungan di Kentang yang mengandung serat, protein hingga antioksidan. Pun demikian juga dengan Buncis yang ada kandungan protein, vitamin hingga seratnya.

Bahan untuk membuat Sup enak mudah didapat. Cukup ke warung tradisional atau pasar modern saat ini bisa dipastikan ada. Bahkan telah ada yang dijual dengan paket isi sup dengan bumbunya. Sungguh mudah kan ya...

Tim : Pantura Estafet

Anggota : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x