Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

Tawuran Warga Malang dengan Aktivis Papua Merdeka

1 Juli 2018   23:46 Diperbarui: 2 Juli 2018   00:32 4402 11 10
Tawuran Warga Malang dengan Aktivis Papua Merdeka
Tawuran Warga Malang dengan Aktivis Papua Merdeka (dok.wahyu)

Kota Malang sebagai kota yang damai mulai terusik dengan indikasi adanya gerakan separatis. Malam ini telah terjadi tawuran warga kota Malang dengan aktivis Papua Merdeka. Di grup-grup whatsapp pun tersebar kabar ini.

Berbagai potongan video juga dapat disaksikan sebagai wujud partisipasi warga dalam melaporkan berita. Zaman now semakin mendekatkan warga dengan aktivitas digital. Merekam kejadian lalu membaginya di dunia maya pun menjaid aktivitas yang jamak dilakukan.

Tawuran Warga Malang dengan Aktivis Papua (dok.wahyu)
Tawuran Warga Malang dengan Aktivis Papua (dok.wahyu)
Aktivis Papua Merdeka menggelar aksi di wilayah Dinoyo kota Malang. Aksi mereka di kota Malang sudah dikawal Polisi dengan menyertainya membawa truk dan mengakibatkan kemacetan di Dinoyo Malang ini. Namun, tak selesai aksinya warga kota Malang sepertinya geram.

Tersebar kabar berikut

telah terjadi tawuran antar warga dinoyo dengan mahasiswa irian (yg mengatasnamakan organisasi papua merdeka OPM) yang berusaha untuk melakukan upaya disintegrasi terhadap NKRI, kejadian bermula mulai siang tadi, warga yang mengetahui segera berkoordinasi dengan aparat setempat dan pihak kepolisian. hingga isya' tadi warga melakukan mediasi yang berakhir dengan penolakan dari mahasiswa papua sehingga terjadi perang batu antar warga sekitar dengan mahasiswa papua, beberapa warga wanita histeris karena rumah dan tokonya terkena lemparan batu. PHD beberapa kacanya terkena lemparan batu

untuk saat ini kondisi masih memanas, dikarenakan pihak mahasiswa papua sedang mengumpulkan rekan rekan sedaerahnya. dan warga dinoyo juga sedang melakukan koordinasi antar warga dan pihak kepolisian untuk mengantisipasi serangan balasan dari mahasiswa2 papua

untuk rekan2 yg akan melakukakn perjalanan melewati telogo mas hingga mt haryono / dinoyo dipersilahkan untuk mencari jalan alternative

kabar dari grup WA (dok.pribadi)
kabar dari grup WA (dok.pribadi)
Di Facebook pun halaman yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Papua menyebarkan hal ini.

Mohon di advokasi:

Massa Aksi AMP KK Malang, yang sedang diskusi malam ini, 01 July 2018 di kontrakan IPMAPAPARA Malang, dibubarkan secara paksa dan diusir dari kontrakan oleh TNI, POLRI Ormas Reaksioner. Kontrakan di grebek secara kasar, massa AMP di pukuli, diludahi, dicaci maki dilempari batu hingga berdara.

Setelah melihat kawan kami terluka beberapa kawan kami terlibat saling dorong mendorong lebih ketat dan akhirnya ricuh akibat provokasi pihak kepolisian.

Malam ini kawan2 (sekitar 35 orng) sedang longmarch dari Dinoyo ke Mapolresta Malang.
Menuntut, tindakan rasis dan anti demokrasi , terhadap aktivis Papua merdeka di Malang.

Kami akan duduki Mapolresta Malang.

Mohon Pantauan dari semua pihak yang peduli terhadap Kemanusiaan dan Demokrasi.

Info AMP di Facebook (dok.facebook)
Info AMP di Facebook (dok.facebook)
Gerakan menyampaikan pendapat mahasiswa ini bisa saja dibenarkan. Namun di sisi masyarakat yang melihat gerakan ini sebagai gerakan anti NKRI tentu bisa dipahami di tengah berbagai elemen masyarakat menguatkan diri agar Indonesia Aman dan Damai dari terorisme.

Aksi Aktivis Papua Merdeka di Malang (dok.apm)
Aksi Aktivis Papua Merdeka di Malang (dok.apm)
Di berbagai video yang disebar, terlihat masyarakat kota Malang tak ingin memperpanjang aksi mahasiswa papua yang menyempaikan tentang papua merdeka. Terlebih kota Malang baru saja menyelesaikan agenda penting yakni Pemilihan Walikota. Warga Kota Malang berusaha melupakan kontestasi pilkada dan merajut kembali perbedaan pilihan.

Aksi Aktivis Papua Merdeka di Malang (dok.apm)
Aksi Aktivis Papua Merdeka di Malang (dok.apm)
1 Juli sepertinya diambil sebagai momentum aksi. Hal ini bertepatan dengan hari Proklamasi Negara West Papua. Jika di bandung para aktivis papua merdeka ini bisa lantang menyuarakan. Namun tak begitu dengan kota Malang. Masyarakat kota Malang sepertinya cukup sigap akan hal ini. Tentunya aneh, jika hal seperti ini malah dijaga Polisi.

Aksi Aktivis Papua di Bandung (dok.apm)
Aksi Aktivis Papua di Bandung (dok.apm)
Gerakan yang akan menduduki Markas Polresta Malang tentu sebuah balasan yang berlebihan. Kabar terbaru dari Dinoyo Malang, tawuran telah usai dan aktivis papua merdeka ini telah diamankan. Semoga, besok ada kabar lebih baik.