Mohon tunggu...
SEKTOR RAPETO
SEKTOR RAPETO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Essay PLKM 2021 Kelas 2B PGSD Universitas Pendidikan indonesia Kampus di Serang

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS SERANG 2B PGSD 2020 Sektor Rapeto PLKM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjadi Pemimpin di Mulai dari Diri Sendiri

21 Oktober 2021   21:00 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:20 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS PLKM 2021: SEKTOR RAPETO

Tema: Kepemimpinan dalam Diri Sendiri 

Judul: Menjadi Pemimpin di Mulai dari Diri Sendiri

Penulis: 10_Fani Agustini

Pemimpin dan kepemimpinan adalah kata-kata yang sudah tidak asing lagi untuk di dengar. Pemimpinan merupakan orang yang dapat mengontrol dan mempengaruhi dirinya sendiri ataupun orang lain dengan penuh tanggung jawab. Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah.

Bagaimana bisa seseorang ingin menjadi pemimpin tapi tidak bisa memimpin dirinya sendiri? maka dari itu sebelum memimpin orang lain pimpinlah diri sendiri terlebih dahulu jika sudah merasa berhasil memimpin diri sendiri barulah bisa memimpin orang lain.  

Setiap orang adalah pemimpin, paling tidak memimpin dirinya sendiri.  Tidak ada seorang pun yang bisa mengatur dan menguasai kita sepenuhnya selain diri kita sendiri. Meskipun kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri, namun kita tidak bisa lepas dari pengaruh orang orang lain karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya banatuan dari orang lain.

Self-leadership didefinisikan sebagai proses yang ada dalam diri seseorang untuk meningkatkan motivasi dan mengarahkan dirinya untuk berperilaku dengan cara yang sesuai dengan yang diharapkan orang lain kepadanya (lihat Konradt et.al., 2008 : 323; Godwin et.al., 1999 : 154). 

Neck & Manz (2004) sebagaimana dikutip Kalyar (2011 : 22) mendefinisikan self-leadership sebagai a process of influencing or leading oneself through the use of specific sets of behavioral and cognitive strategies1.

Beberapa definisi lainnya yang senada, yaitu : proses mempengaruhi diri sendiri untuk memberikan arahan bagi diri sendiri (self-directing) dan memotivasi diri (self-motivating) yang diperlukan untuk berperilaku dan bertindak dalam cara-cara yang sesuai (lihat Jackson, 2004 : 29); proses mempengaruhi diri sendiri guna mengarahkan kognisi dan tindakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan (lihat Ho & Nesbit, 2009 : 451).

Memimpin diri sendiri sama hal nya dengan kita memahami diri kita sendiri. Untuk bisa membangun kemampuan memimpin diri sendiri kita dapat fokus pada 5 hal, point pertama adalah jujur pada diri sendiri, dengan bersikap jujur maka kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Kita juga harus mengakui hal tersebut dan segera mengambil tindakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan