Mohon tunggu...
Humas UNLA
Humas UNLA Mohon Tunggu... Pendidikan

Seputar Kegiatan dan Pendidikan Universitas Langlangbuana

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PKM UNLA Berikan Informasi Terkait Covid-19 Melalui RT dan RW di Kelurahan Pataruman, Kabupaten Garut

18 Januari 2021   18:04 Diperbarui: 19 Januari 2021   08:27 78 2 0 Mohon Tunggu...

Universitas Langlangbuana, dalam rangka tridharma perguruan tinggi, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau PKM. PKM yang dilaksanakan di Kelurahan Pataruman Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut ini dilaksanakan oleh team yang diketuai Dr. Tita Melia Milyane S.Sos., M.M.Pd dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNLA, dengan anggota Dr. Wa Ode Nurul Yani Dra., M.Si dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNLA dan Dr. Wiwin Winangsih S.Sos., M.Adm,SDA dari prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNLA. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan November 2020 ini, berlangsung dengan baik dan mendapat sambutan antusias dari Lurah Pataruman serta para pengurus RT RW di kelurahan tersebut. Dengan tema, Komunikasi Digital Penyebaran Informasi Covid-19 melalui Penguatan Kelembagaan RT/RW, kegiatan ini diharapkan dapat mencegah penyebaran infomasi tidak benar/hoax diantara masyarakat, yang tersebar melalui aplikasi whatsapp, dengan melibatkan peranan pengurus RT RW setempat.

  • Seperti diketahui bahwa penyebaran informasi yang cepat dan masif di kalangan masyarakat, terkait wabah covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak bulan Pebruari 2020 menggulirkan berbagai dampak di masyarakat dan bahkan tingkat kasus pasien dengan positif Covid 19 meningkat dari hari ke hari. Kurva penderita covid-19 di Indonesia terus menanjak. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan semua pihak. Terutama karena berbagai langkah untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini seperti PSBB/karantina wilayah, tidak berhasil. Di masyarakat, salah satu hal serius yang terjadi adalah penyebaran informasi yang belum tentu benar tentang penyebaran covid-19. Tak sedikit dari masyarakat yang menyebarluaskan informasi yang keliru, melalui media yang paling popular digunakan masyarakat Indonesia saat ini yaitu whatssapp. Dalam hal ini, keterlibatan perangkat pemerintah tingkat terendah yakni pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun warga (RW) sangat diperlukan untuk mencegah dari dampak negative yang lebih luas.
  • Kelurahan Pataruman terletak di Kecamatan Tarogong Kidul dimana Kecamatan Tarogong Kidul memiliki 138 Rukun Warga dan 531 Rukun Tetangga. Dalam hal perkembangan teknologi informasi, hampir 80 persen penduduk kelurahan memiliki perangkat yang dapat digunakan untuk internet, seperti handphone. Pengurus pemerintahan, dalam hal ini pengurus RT dan RW dapat menjadi garda terdepan dalam pengolah dan menginformasikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan fungsi RT RW diantaranya adalah menjadi sarana penghubung yang paling dekat antara masyarakat dan pemerintah dan secara langsung berhubungan dengan masyarakat; memberikan informasi dan penjelasan kepada masyarakat atas program pemerintah; membina warga untuk meningkatkan kualitas hidup dalam wilayah tersebut, dst. Berkaitan dengan wabah penyakit Corona, diantaranya informasi hoax, pengurus RT RW berperan sangat penting untuk meluruskan pesan yang beredar agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar. Untuk itu, team pengabdi berupaya melakukan pendampingan kepada pengurus RT RW di Kelurahan Pataruman Kecamatan Tarogong Kidul Garut agar dapat memilah informasi dan mencari sumber informasi yang akuntabel serta membuat kampanye anti penyebaran informasi hoax.
  • Adapun solusi masalah yang ditawarkan dalam kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut:
  • Memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya mengetahui kebenaran sebuah informasi Covid-19 sebelum menyebarkannya.
  • Meningkatkan partisipasi melalui penguatan kelembagaan pada para ketua RT/RW dalam hal Menjalankan tugas pemberian informasi terkait penyebaran Covid-19 melalui komunikasi digital yang baik.
  • Memberikan pendampingan kepada pengurus RT/RW Kelurahan Pataruman agar mengetahui cara melakukan cek ricek sebuah informasi.

Diharapkan kegiatan PKM ini akan dilanjutkan untuk tahap berikutnya, mengingat urgensi dari kegiatan ini di masa pandemic covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x