Mohon tunggu...
Sekoci
Sekoci Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Sekoci

Sekoci adalah singkatan dari sekumpulan kompasianer Cirebon Indramayu. Sekoci merupakan forum dan silaturahmi diantara kompasianer di wilayah Cirebon Indramayu dan sekitarnya seperti Kuningan dan Majalengka

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Makanan Khas Indramayu yang Wajib Anda Coba

22 November 2021   21:28 Diperbarui: 22 November 2021   21:31 477 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing. Begitu juga dengan Indramayu yang memiliki beraneka ragam kuliner dengan berbagai rasa yang unik dan bentuk yang menarik.

Makanan tersebut biasanya sangat dirindukan oleh orang asli dari Indramayu yang sedang merantau di daerah lain atau bahkan mereka yang saat ini sedang bekerja di luar negeri.

Makanan khas Indramayu tersebut memiliki rasanya bervariasi ada yang manis, asin, pedas, asam dan lain-lain. Berikut ini kami rangkum makanan khas Indramayu yang tidak hanya dirindukan oleh orang Indramayunya sendiri tetapi layak dicicipi bagi Anda orang dari luar Indramayu :

 

Blencong. Blencong adalah makanan khas ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran kelapa parut. Blencong berbentuk kerucut mirip dengan kukusan.

Blencong (Gambar Meneer Panqi)
Blencong (Gambar Meneer Panqi)
 

Blendung Jagung. Makanan ini terbuat dari bahan jagung yang sudah dipipil lalu dimasak hingga matang. Setelah matang ditaburi kelapa parut dan sedikit garam untuk menambah rasa saja. Krawu. Makanan ini terbuat dari singkong yang diiris-iris pipih lalu direbus hingga matang. Setelah singkong yang sudah diiris tersebut matang lalu ditambahkan parutan kelapa yang sudah ditaburi sedikit garam.

Blendung Jagung (Dok. Duwi)
Blendung Jagung (Dok. Duwi)

Blengep Cotot. Blengep cotot adalah kudapan yang terbuat dari singkong yang dimasak terlebih dahulu lalu ditumbuk di dalamnya beri bumbu gula merah dan kelapa yang meleleh setelah dimasak, pada bagian luarnya diberi kelapa yang diiris kecil dan digoreng terlebih dahulu. 

Saat kue sudah matang dan dimasukkan ke mulut, maka gulanya akan keluar dan kadang muncrat atau bahasa Indramayunya cotot, maka tidak heran blengep ini disebut blengep cotot.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan