Mohon tunggu...
Hiburan

Mengapa Orang Korea Melakukan Operasi Plastik? Ini Alasannya

31 Mei 2017   15:51 Diperbarui: 31 Mei 2017   16:04 5173 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Orang Korea Melakukan Operasi Plastik? Ini Alasannya
JK Plastic Surgery / www.bntnews.co.uk

Apa yang terlintas dalam pikiranmu jika mendengar kata Korea Selatan? Beberapa orang mungkin langsung mengingat sederet nama selebritis atau judul-judul drama Korea. Namun, semua pasti sepakat bahwa operasi plastik justru menjadi hal yang paling lekat dengan negeri Ginseng tersebut.

Faktanya, Korea Selatan memang menyandang predikat sebagai ibukota operasi plastik dunia. Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada data tindakan operasi yang telah dilakukan di Korea. Setidaknya ada 20 orang yang melakukan operasi plastik perseribu orang di sana. Angka tersebut menjadikannya paling tinggi di dunia, bahkan mengalahkan Amerika Serikat dengan 13 prosedur perseribu orang.

Pertanyaannya, mengapa operasi plastik menjadi suatu keharusan bagi masyarakat Korea?

Business Insider menjawab pertanyaan tersebut dengan mengunjungi salah satu klinik operasi plastik terbesar di Korea Selatan, JK Plastic Surgery.

Klinik yang terletak di Gangnam, Seoul tersebut memang layak disebut yang terbesar. Lebih kurang 10.000 pasien datang setiap tahunnya untuk melalukan prosedur operasi.

Sang direktur, dr. Hang-Seok Choi memaparkan bahwa operasi kelopak mata menjadi prosedur paling populer di antara jenis operasi yang lain. Alasannya karena orang-orang Korea menginginkan kelopak mata agar matanya terlihat lebih besar dan segar. Selain itu, operasi satu ini juga dinilai memiliki risiko paling kecil dengan rata-rata waktu pemulihan tercepat.

Namun, apa sebenarnya yang mendasari masyarakat Korea rela merasakan sakit demi penampilan yang sempurna?

Masyarakat Seoul / www.kryzuy.com
Masyarakat Seoul / www.kryzuy.com
Masyarakat Korea yang cenderung kompetitif adalah alasan di balik menjamurnya prosedur operasi plastik. Sekitar setengah masyarakat Korea memang tinggal di Seoul, hal ini sekaligus menjadikan Seoul sebagai kota terpadat keenam di dunia. Populasi sebesar itu tentu membuat masyarakat Korea seringkali bertatap muka dengan wajah-wajah baru setiap harinya.

Tak hanya itu, kemolekan wajah menjadi salah satu faktor yang dipercaya dapat mendatangkan keuntungan dalam pekerjaan. Salah satu contoh nyatanya adalah banyaknya aktor, aktris, hingga member idol group yang terang-terangan melakukan operasi plastik.

Aktor kenamaan Korea, Lee Min-Ho adalah salah satu yang mengaku sempat melaksanakan beberapa koreksi pada wajahnya. Perbedaan mencolok memang bisa terlihat dari bagian hidung dan rahangnya yang dibuat lebih ramping dan lancip.

Meski dikenal ‘hobi’ melakukan operasi plastik, tak sedikit juga yang tetap mempertahankan kecantikan alaminya. Hal inilah yang dilakukan Kim Go-Eun. Meski kerap dicaci dan dianggap kurang cantik, pemeran Ji Eun-Tak dalam serial Goblin ini tetap percaya diri dengan wajah bulat dan mata sipitnya.

Lalu, apa kamu sepakat dengan kebiasaan unik orang Korea yang satu ini?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x