Mohon tunggu...
Sekar Muriani
Sekar Muriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Per Aspera Ad Astra

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mengenal Istilah Oposisi dalam Astronomi

12 September 2022   12:15 Diperbarui: 12 September 2022   12:25 371 13 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Oposisi Planet (Kredit : NASA)

Sering kita mendengar fenomena langit seperti Oposisi Saturnus ataupun Oposisi Jupiter. Hingga terlintas dalam benakmu sebuah pertanyaan apa itu sebenarnya Oposisi?

Dalam astronomi, Oposisi merupakan keadaan dimana ketika objek langit seperti planet berada dalam satu garis lurus atau sejajar dalam pandangan bumi dengan sudut 180 derajat terhadap Matahari.

Oposisi terjadi ketika objek langit berada di posisi berlawanan dengan Matahari dan Bumi yang berarti ketika posisi Matahari terbenam di barat maka planet dapat dilihat di langit timur.

Perlu diketahui juga, Oposisi juga dapat dialami oleh komet, asteroid, dan objek langit lainnya.

Namun, pada oposisi planet hanya berlaku bagi planet superior saja atau planet yang berada di luar orbit planet bumi. Planet superior tersebut adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Dalam pengamatan mata telanjang planet yang dapat teramati yaitu Mars, Jupiter dan Saturnus. Untuk Uranus dan Neptunus sulit diamati secara kasat mata dikarenakan posisinya yang berada sangat jauh sehingga terlalu redup untuk diamati.

Kapan Oposisi Terjadi?

Oposisi planet terjadi kira-kira setiap tahunnya yaitu ketika Bumi mencapai konfigurasi yang tepat dengan planet yang akan mengalami oposisi dan relatif terhadap matahari.

Berbeda dengan Mars, salah satu planet superior terdekat dengan Bumi. Dikarenakan orbit dan kecepatan orbitnya hampir sama dengan Bumi sehingga Bumi lebih cepat melewati Planet Merah ini setiap 27 bulan. Oleh karena itu, Oposisi Mars terjadi sekali dalam dua hingga tiga tahun.

Oposisi Menjadi Waktu Terbaik untuk Mengamati Planet

Tahukah kamu? Untuk mengamati planet dalam bentuk terbaiknya yaitu ketika Oposisi. Hal ini dikarenakan saat Oposisi, objek langit yang mengalami Oposisi tersebut akan sepenuhnya disinari oleh Matahari dan pada saat ini juga planet berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi. Oleh karena itu, planet akan terlihat lebih terang dari pandangan langit Bumi.

Untuk mengamati Oposisi planet, amati arah berlawanan dari posisi Matahari terbenam. Saat terjadi Oposisi, planet akan muncul dan terlihat jelas mulai dari Matahari terbenam hingga keesokan paginya. Ini dapat diamati selama beberapa minggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan