Mohon tunggu...
Sekar Kinasih
Sekar Kinasih Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswi KKN UNDIP dan Kader Posyandu Lakukan Pengecekan Kesehatan Keliling terhadap Lansia

10 Agustus 2020   07:04 Diperbarui: 10 Agustus 2020   07:22 8 1 0 Mohon Tunggu...

BENDAN KERGON, PEKALONGAN (5/8) Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Universitas Diponegoro rutin melaksanakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata dimana mahasiswa diminta untuk membuat program yang bermanfaat dan berdampak positif untuk wilayah yang menjadi lokasi dari KKN mereka. Oleh karena adanya Pandemi Covid-19, KKN tim II Undip tahun 2020 ini menggunakan sistem baru yaitu KKN dari desa sendiri.

Pada tanggal 5 Agustus 2020, salah satu mahasiswa KKN tim II Undip melangsungkan program keduanya yang merupakan program dengan sub tema Sustainable Development Goals (SDGs) di Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Program ini berupa pengecekan kesehatan lansia serta sosialisasi posyandu lansia yang disupervisi langsung oleh kader posyandu lansia RW18, Kelurahan Bendan Kergon. 

Sebagaimana kita ketahui, banyak sekali instansi-instansi yang tutup akibat terkena dampak dari Pandemi Covid-19, salah satunya Posbindu atau Posyandu Lansia RW 18 yang bertempat di RT04/RW18. 

Hal ini menjadi alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan. Pengecekan yang dilakukan berupa penimbangan berat badan dan pengukuran tensi, serta sosialisasi tentang pentingnya rutin check-up ke Posyandu lansia. Warga lansia di RT01 sendiri diketahui jarang mengikuti kegiatan posyandu dikarenakan posyandu yang lokasinya bisa dibilang jauh. Kegiatan berlangsung dengan lancar, warga sekitar pun bersikap sangat kooperatif.

Harapannya, setelah pandemi ini, warga sasaran yaitu lansia, bisa lebih aktif untuk mengikuti rangkaian kegiatan posyandu lansia dengan baik. (Dyah Ayu Sekar Kinasih)

#kknundip

#lppmundip

#p2kkn

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x