Mohon tunggu...
SEKAR ATIKAH NUR FAUZIYYAH
SEKAR ATIKAH NUR FAUZIYYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Psikologi Universitas Muhammadiyyah Malang

Jika kamu telah mencintai dirimu,tidak ada kata Insecure yang terucap di bibirmu.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Membangun Self Love untuk Diri Sendiri

20 September 2022   22:13 Diperbarui: 20 September 2022   22:30 22 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa yang dimaksud dengan self love?

Jadi,Self love artinya mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan. Self love juga mengharuskan kita untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya.

Apapun yang terjadi pada diri kita mulai dari kondisi fisik kita kekurangan yang ada pada diri kita bukanlah suatu masalah buruk yang harus kita sesali. Ingat kita ciptaan Tuhan kita sempurna di mata tuhan jangan ragu atau jangan jadikan tolak ukur yang akan membuat kita malu lantaran kita memiliki kekurangan.

Menurut  pak Deborah Khoshaba Psy.D, self love yakni  suatu apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita---tindakan yang membuat kita dewasa (Psychology Today, 2012).10 Okt 2022

Jadi janganlah insecure terhadap apa yang ada pada diri kita ini

Ada kutipan jurnal dibawah ini

SHINE: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2 (1), 1-17, 2021

Yang mengatakan bahwa,ada banyak konsep Konsep membangun self love adalah dengan menampilkan apa adanya diri individu di Instagram sebagai cerminan di real life, menumbuhkan self love juga  akan menciptakan kebahagiaan di masa depan,sehingga  menjadi orang yang lebih percaya diri, tidak akan dibandingkan dengan orang lain dan tentu saja, itu mentalitas juga yang akan menguat. Banyaknya cara yang dapat di lakukan untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri kita sendiri dengan bijak dalam menanggapi Instagram. Tanpa ragu kami mulai menerapkan self love melalui media sosial Instagram, dan yang lain akan termotivasi untuk mengembanggkan self love meskipun ada kekurangan dalam diri kita bukan masalh untuk kita terus hidup.

Ada juga jurnal Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2022

Yang berisi tentangTeori Kepribadian Erich Fromm untuk mengalisa  terhadap konsep Self Love dalam psikologi. Penelitian ini menghasilkan temuan yang pertama, Self Love dalam Al Qur'n meliputi Mengenal diri, Penerimaan diri, menjaga diri, dan kebahagian diri.

Dan yang kedua Konsep Self Love dalam Al-Qur'n Perspektif Psikologi Kepribadian Erich Fromm menghasilka yang mengatakan  temuan bahwa ketika semua kebutuhan individu seimbang atau terpenuhi maka akan lebih mudah untuk mencintai  sendiri  atau jika tidak terpenuhi maka akan merasa sulit dalam Self Love.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan