Mohon tunggu...
Sekar Asyifa Nur Abiyyah
Sekar Asyifa Nur Abiyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030018)

Mahasiswa yang belum rajin.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Creative Block, Ketika Hobimu Terhenti di Tengah Jalan

6 Maret 2021   07:57 Diperbarui: 24 Maret 2021   18:39 818 19 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Creative Block, Ketika Hobimu Terhenti di Tengah Jalan
Ilustrasi (Sumber: telegraph.co.uk)

Pernah gak, lagi asik-asiknya gambar, lagi asik-asiknya bikin desain, tiba-tiba... blank, hilang semua ide-ide yang sudah kalian bangun dari awal tadi. Pernah gak? Atau malah kalian sedang di fase itu sekarang? Yah, kalau gitu, selamat datang di creative block!

Kalau kalian punya hobi di bidang kreatif, mungkin istilah creative block ini udah gak asing lagi buat kalian. Kayak gitu hal yang wajar gak sih? Atau emang kitanya aja yang gak berbakat?

Wait! Tenang. Jangan dulu berpikir negatif tentang creative block yang melanda kalian. Creative block ini adalah suatu hal yang wajar terjadi, khususnya pada orang-orang yang banyak melakukan hal-hal kreatif sebagai hobi. 

Yah walau gak dipungkiri juga para pegawai atau pekerja dunia kreatif, yang walaupun punya brief dan udah dikasih tau secara jelas tentang projectnya, kadang mengalami hal ini juga. Tapi beneran, itu hal yang wajar kok. Terus gimana kita bisa mengatasi hal tersebut?

Orang-orang yang mendengar keluh kesah kalian mungkin cuma bakal bilang, "Yah yaudah sih, biarkan berlalu aja". Padahal creative block itu gak bisa dilewati begitu aja, susah banget. Apalagi kalau ada deadline pameran atau malah deadline komisi, wah bisa makin acak-acakan ini pikiran kita.

Nah sebelum cari solusi, kita tentu harus tau dulu apa penyebabnya. Creative block umumnya terjadi ketika seseorang merasa lelah, entah mental atau fisiknya. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan, makan makanan sehat, dan tidur tepat waktu. Jangan lupa juga buat mengistirahatkan pikiran kita sesekali.

Selanjutnya, ada banyak faktor lain yang menjadi sebab munculnya si creative block ini. 

Pertama kalian mungkin meragukan diri kalian sendiri. Kalian mungkin merasa gak yakin dengan karya kalian dan malah membandingkannya dengan karya orang lain yang menurut kalian lebih bagus. Atau malah kalian emang merasa gak punya bakat aja? Stop! Kalian gak boleh punya pikiran seperti itu. 

Meragukan diri sendiri boleh aja, tapi jangan terlarut-larut sampai akhirnya hal tersebut menghalangi kalian buat berkarya. Daripada tenggelam dalam perasaan semacam itu, ada baiknya kalian melihat apa sih yang kalian punya di karya kalian, tapi orang lain gak punya? Atau jadikan pikiran-pikiran tadi sebagai motivasi biar kalian lebih giat berkarya.

Sebab kedua, terlalu banyak tekanan. Creative block bisa muncul karena kita merasa gelisah. Dua project belum kelar, masih ada komisi dan kliennya ngejar-ngejar terus, ditambah sebulan lagi pameran?! 

Tenang. Jangan gelisah. Coba tenangkan dulu pikiran kalian. Coba keluar dari tempat kalian, pergi bikin kopi di dapur atau pergi ke taman terdekat. Kalau udah, duduk lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN